Dampak Latihan Flick Serves Terhadap Kemampuan Servis Panjang Bulutangkis Pada Siswa SMP Negeri 3 Kepulauan Walea

Authors

  • Erwin Zainuddin Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abu Bakar Universitas Muhammadiyah Luwuk
  • Moh. Ifkhal Sianto Universitas Tandulako

DOI:

https://doi.org/10.55933/pjga.v4i1.651

Keywords:

bulutangkis, flick serves, kemampuan servis, latihan

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti, pada pembelajaran servis panjang ditemui sebelumnya dari data yaitu hasil observasi awal siswa SMP Negeri 3 Walea Kepulauan  dari 30 jumlah hanya 9 orang siswa (33,33%) yang mampu mempraktekan keterampilan dasar servis panjang dengan baik. Sedangkan yang sisahnya 21 orang siswa (66,67%)  harus dilakukan pratik lanjutan. Tujuan peneltian  ini adalah untuk  mengetahui seberapa besar pengaruh latihan servis terhadap kemampuan servis panjang pada siswa. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen maka digunakan rancangan pretest posttest desaing group. Uji statistik yang digunakan adalah Uji T. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Walea Kepulauan yang berjumlah 30 siswa dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan selam 6 migggu. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa hasil latihan flick serves diuji meliputi peningkatan terhadap servis panjang yaitu dari pre test sebesar 0.902 sedangkan post test sebesar 0.879.t hitung nilai p (0,003)<05,05, hasil ini menunjukkan bahwa H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kemampuan servis panjang bulutangkis yang dimiliki siswa SMN 3 Walea Kepulauan sebelum dan sesudah diberikan latihan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian treatment latihan servis terhadap kemampuan servis panjang siswa memberikan pengaruh signifikan dibandingkan sebelum diberikan perlakuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Maksum. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Aksan, Hermawan. 2016. Mahir Bulutangkis. Bandung: Nuansa

Arman, Arman. (2016). Hubungan Kadar Hemoglobin (Hb) dengan Daya Tahan Umum (general endurance) Pemain Sepakbola Club Bunga Lestari Kabupaten Gowa. FIK.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinekacipta.

Fahmi Abdul Fatah, R. M. (2017). Pengaruh Latihan Dengan Posisi Net Berubah Terhadap Hasil Short Servis Backhand Dalam Bulutangkis. Sportive, 1-7.

Grice, T ony. (2007). Petunjuk Praktis Untuk Pemula Dan Lanjut.

Guntur, I. Z. (2020). Pengaruh Metode Drill Terhadap Keterampilan Servis Panjang Permainan Bulutangkis Pada Ektrakurikuler di SMA Rengasdengklok. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 157-162.

Harsono. (2001). Coaching Dan Aspek-Aspek Pisikologi Dalam Coaching. jakarta: Tambak Kusuma.

Indriana, Dina. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pembelajaran. Yogyakarta: Diva Pers.

Kusuma, Indra, Angga., dkk. (2022). Badminton For ALL. Surabaya: Jakad Pubblishing.

Poole, J. (2011). Belajar Bulutangkis. Bandung: Pionar Jaya.

Pratomo, A.U.D. & Subiyono, H.S. (2013). Perbedaan Hasil Latihan Umpan Balik Lob Langsung Dan Lob Tak Langsung Terhadap Ketepatan Lob Dalam Olahraga Bulutangkis Di PB Tugu Muda Kota Semarang. Journal of sport sciences and Fitness.

Saripin. (2015). Meningkatkan Gerak Dasar Short Servis Backhand Melalui Model Peer Teaching Pada Permainan Bulutangkis. mimbar pendidikan dasar , 47-52.

Sugiono, (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sumintarsi, Saptono Tri. Teknik servis Bulutangkis dengan Metode Latihan Terus Menerus dan Interval. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, Vol 3, 1-11.

Wawan Junresti Daya, S. S. (2019). Pengaruh Latihan Target Terhadap Peningkatan Ketepatan Pukulan Long Servis Forhand Bulutangkis pada Atlet Usia 12 - 15 tahun di PB Ideal Kota Jambi. Cerdas Sifa, 1-8.

Tohar. (1992). Olahraga Pilihan Bulutangkis. Jakarta: Depdikbud.

Yene, S. (2016). Peningkatan Servis Panjang Bulutangkis Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal pendidikan olahraga , 165-174.

Wacono, M, N, S., Janiarli, M. & Putra, M, A.(2021). Hubungan Koordinasi Mata-Tangan Dan Power Otot Lengan Dengan Ketepatan Servis Panjang Dalam Permainan Bulutangkis Pada Siswa Ekstrakurikuler SMP Negri 5 Rambah Samo. Sport Education And Health Journal Universitas Pasir Pengaraian.

Zulhendri, Sukoco. Pramuji. Pengaruh Metode Latihan Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Drive Pada Ekstrakurikuler Bulutangkis. Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan, 2 (1), 2021, 1-13

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Zainuddin, E., Bakar, A., & Sianto, M. I. . (2023). Dampak Latihan Flick Serves Terhadap Kemampuan Servis Panjang Bulutangkis Pada Siswa SMP Negeri 3 Kepulauan Walea. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.55933/pjga.v4i1.651