Analisis Pengaruh Gerakan Yoga Asanas Terhadap Kesejahteraan Mental Peserta Didik

Authors

  • Muhammad Andri Subakti Universitas PGRI Banyuwangi
  • Panji Sekar Pambudi Universitas PGRI Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.55933/pjga.v4i1.655

Keywords:

peserta didik, kesejahteraan mental, yoga asanas

Abstract

Kesejahteraan mental bagi peserta didik merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, kompleksitas kegiatan belajar peserta didik di sekolah dapat memungkinkan seseorang mengalami gangguan mental. Masalah mental yang sering terjadi pada peserta didik adalah stress, kondisi bosan dan perasaan yang tidak nyaman. Berkenaan dengan itu, latihan yoga asanas  menjadi alternatif solusi untuk mengatasi kondisi gangguan psikologis peserta didik. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh gerakan yoga asanas terhadap kesejahteraan mental peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dan sampel adalah peserta didik pada Sekolah Menengah Pertama Budi Utomo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 30 orang. Pengambilan data menggunakan kuisioner yang terdiri dari data pretest-posstest. Teknik analisis data menggunakan Uji-T. Data pengukuran awal sebesar 69,40 dan data pengukuran akhir sebesar 75,83, dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 6,43. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh yoga asanas terhadap kesejahteraan mental peserta didik. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa, pemberian perlakuan gerakan yoga asanas adalah solusi bagi peserta didik dalam mengatasi masalah kesejahteraan mental di sekolah. Selanjutnya, kesehatan mental yang baik akan dapat membantu peserta didik dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Benavides-Pinzón, William Fernando, and José Luis Torres. (2017). “Effects of Yoga (Pranayama) on Lung Function and Lactate Kinetics in Sedentary Adults at Intermediate Altitude.” Revista de La Facultad de Medicina 65(3):467–72.

Cahyo Suwandaru, Taufiq Hidayat. (2021). “Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Smk Negeri 1 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 9(1):113–19.

Dini, Dini, Fatma Sylvana Dewi Harahap, Fardhu Syahuri, Paruzi Almayda, and Dhea Ardelia Divani. (2022). “Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik SMP Negeri 1 Jebus.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 13(1):25–30. doi: 10.23887/jibk.v13i1.43679.

Distina, Primalita Putri. (2019). “Pengembangan Dimensi Psychological Well-Being Untuk Pengurangan Risiko Gangguan Depresi.” Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 10(1):39–59. doi: 10.32923/maw.v10i1.768.

Dongoran, M. Fadli, Jori Lahinda, Arifin Nugroho, and Syamsudin. (2021). “Pembinaan Kesehatan Mental Dengan Intervensi Senam Yoga Pada Warga Binaan Lapas Ii B Merauke.” Jurnal Masyarakat Negeri Rokania 2(1):6–12. doi: 10.56313/jmnr.v2i1.38.

Field, Tiffany. (2011). “Yoga Clinical Research Review.” Complementary Therapies in Clinical Practice 17(1):1–8.

Florensa, Florensa, Nurul Hidayah, Lintang Sari, Fajar Yousrihatin, and Wulida Litaqia. (2023). “Gambaran Kesehatan Mental Emosional Remaja.” Jurnal Kesehatan 12(1):112–17. doi: 10.46815/jk.v12i1.125.

Giri, I. Putu Agus Aryatnaya, I Nyoman Alit Supandi, Ni Komang Sutriyanti, Ni Wayan Sri Prabawati Kusuma Dewi, and I Made Sukma Muniksu. (2022). “Pendampingan Praktik Pendidikan Keagamaan Pada SMA Negeri 8 Denpasar.” Sevanam : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):106–14. doi: 10.25078/sevanam.v1i2.1472.

Harkess, Kaitlin N., Paul Delfabbro, and Sarah Cohen-Woods. (2016). “The Longitudinal Mental Health Benefits of a Yoga Intervention in Women Experiencing Chronic Stress: A Clinical Trial.” Cogent Psychology 3(1). doi: 10.1080/23311908.2016.1256037.

Ianah, Ana, Rena Latifa, Risatianti Kolopaking, and Muhamad Nanang Suprayogi. (2021). “Kesejahteraan Peserta didik: Faktor Pendukung Dan Penghambatnya.” Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal 3(1):43–49. doi: 10.21512/becossjournal.v3i1.7028.

Julaecha, Julaecha. (2019). “Yoga Atasi Nyeri Saat Menstruasi Pada Remaja Putri.” Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK) 1(3):217. doi: 10.36565/jak.v1i3.59.

Kinasih, Arum Sukma. (2010). “Pengaruh Latihan Yoga Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup.” Buletin Psikologi 18(1):1–12. doi: 10.22146/bpsi.11531.

Kusumayanti, Ni Wayan, Sang Ayu Made Yuliari, and Ida Bagus Suatama. (2020). “Terapi Yoga Asanas Untuk Mengatasi Dismenorhea Di Kota Denpasar.” Widya Kesehatan 2(2):13–17. doi: 10.32795/widyakesehatan.v2i2.960.

Nopela, Sawitri. (2021). “Pengaruh Olahraga Terhadap Tingkat Stres Pada Remaja Di Masa Pandemi Covid-19: Narrative Review.” Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta 4–5.

Nurdiyanto, F. A. (2020). “Masih Ada Harapan: Eksplorasi Pengalaman Pemuda Yang Menangguhkan Bunuh Diri.” Persona:Jurnal Psikologi Indonesia 9(2):369–84. doi: 10.30996/persona.v9i2.3995.

Pamungkas, Rachma Ayu, Endang Caturini, and Sugiyarto. (2023). “Pengaruh Pertolongan Pertama Kesehatan Mental Terhadap Penurunan Ide Diri Pada Remaja.” Bima Nusring Jurnal 5(1):32–39.

Pertiwi, A. R. Citra Evrista, Hotmaulina Sihotang, Program Studi, Magister Administrasi, and Universitas Kristen Indonesia. (2023). “Upaya Sekolah Meningkatkan Kesehatan Mental Peserta Didik Di Era Digital.” 21(2):180–95. doi: 10.25170/psikoedukasi.v21i2.4946.

Pujiastuti, Rr Sri Endang, Sawab Sawab, and Safitri Zummy Afiyati. (2019). “Pengaruh Terapi Yoga Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi.” Jurnal Perawat Indonesia 3(1):36. doi: 10.32584/jpi.v3i1.181.

Rahayu, Ni Wayan Sri, and I. Made Nuhari Anta. (2022). “Yoga: Metode Latihan Dan Penyembuhan Holistik.” Veda Jyotih: Jurnal Agama Dan Sains 1(2).

Saputra, Dyhnas. (2016). “Pengaruh Senam Yoga Terhadap Tingkat Kecemasan Wanita Pra Menopause.” Jurnal Kesehatan Olahraga 6(2):222–29.

Seefeldt, Richard. (2014). “Psychological Disorders A Unit Lesson Plan For.” (September):1–51.

Setiawati, Lara, Dodi Pasila Putra, Alfi Rahmi, and Hidayani Syam. 2023. “Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Negeri 1 Bukittinggi.” 4(4).

Sindhu, Pujiastuti. (2015). Panduan Lengkap Yoga: Untuk Hidup Sehat Dan Seimbang.

Styawati, Zuli Ika, and Gatot Wibowo. (2022). “Fungsi Dan Bentuk Yoga Surya Namaskara Untuk Kesehatan Umat Hindu Di Pura Buana Pertiwi Di Desa Jarum Kecamatan Bayat.” Jawa Dwipa 3(1):26–40.

Suwijik, Salsabila Putri, and Qurrota A’yun. (2022). “Pengaruh Kesehatan Mental Dalam Upaya Memperbaiki Dan Mengoptimalkan Kualitas Hidup Perempuan.” Journal of Feminism and Gender Studies 2(2):109. doi: 10.19184/jfgs.v2i2.30731.

Zubaida, Ida, Reza Abi Fernanda, Walid Waliyudin, Nur Firdaus, Ilmu Keolahragaan, Fakultas Kedokteran, Universitas Sultan, and Ageng Tirtayasa. (2022). “Olahraga Kesehatan : Memasyarakatkan Olahraga Untuk Peningkatan Kesehatan Sport Health : Promoting Exercise For Health Improvement.” 1(1):11–17.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Subakti, M. A. ., & Pambudi, P. S. (2023). Analisis Pengaruh Gerakan Yoga Asanas Terhadap Kesejahteraan Mental Peserta Didik. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 19–27. https://doi.org/10.55933/pjga.v4i1.655