Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Pendukung Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sepak Sila Cabang Olahraga Takraw
DOI:
https://doi.org/10.55933/pjga.v1i2.84Keywords:
Hasil belajar, sepak sila, sepak takrawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak sila dalam pembelajaran sepak takraw serta untuk mengetahui hasil analisis faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak sila.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis pengaruh faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak sila dalam pembelajaran sepak takraw.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode dokumentasi. Hasil analisis data, paparan data, dan tamuan data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh faktor-faktor pendukung pmbelajaran terhadap hasil belajar sepak sila mencakup permasalahan, persamaan, perbedaan, pandangan peneliti, dan hasil penelitian dalam beberapa artikel yang berjudul (1) pengaruh modifikasi bola takraw terhadap hasil belajar sepak sila, (2) hubungan koordinasi mata kaki terhadap keterampilan sepak sila permainan sepak takraw, (3) hubungan keseimbangan dan kelincahan terhadap keterampilan sepak sila, (4) pembelajaran kontrol berpasangan terhadap hasil sepak sila, (5) hubungan keseimbangan terhadap kterampilan sepak sila. Berdasarkan penelitian analisis pengaruh faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak takraw dapat disimpulkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar sepak takraw berdasarkan paparan data beberapa artikel yang sudah direview.
Downloads
References
Hanif. A.S. (2015). Sepak Takraw Untuk Pelajar. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.
Iyakrus. (2009). Permainan Sepak Takraw. Palembang: Unsri Press.
Kyriacou, C. (2009). Effective Teaching: Theory and Practice. Bandung: Nusa Media.
Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (1997). CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sukintaka. (1992). Teori Bermain Untuk D.2 PGSD Penjaskes. Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Winarno, M. . (2004). Pengembangan Permainan Sepaktakraw. Jakarta: Center ForHuman Capacity Development.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Bitdah Sulistyo, Vega Mareta Sceisarriya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.