Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Pendukung Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sepak Sila Cabang Olahraga Takraw

Authors

  • Bitdah Sulistyo stkip pgri trenggalek
  • Vega Mareta Sceisarriya STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.55933/pjga.v1i2.84

Keywords:

Hasil belajar, sepak sila, sepak takraw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak sila dalam pembelajaran sepak takraw serta untuk mengetahui hasil analisis faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak sila.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis pengaruh faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak sila dalam pembelajaran sepak takraw.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode dokumentasi. Hasil analisis data, paparan data, dan tamuan data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh faktor-faktor pendukung pmbelajaran terhadap hasil belajar sepak sila mencakup permasalahan, persamaan, perbedaan, pandangan peneliti, dan hasil penelitian dalam beberapa artikel yang berjudul (1) pengaruh modifikasi bola takraw terhadap hasil belajar sepak sila, (2) hubungan koordinasi mata kaki terhadap keterampilan sepak sila permainan sepak takraw, (3) hubungan keseimbangan dan kelincahan terhadap keterampilan sepak sila, (4)  pembelajaran kontrol berpasangan terhadap hasil sepak sila, (5) hubungan keseimbangan terhadap kterampilan sepak sila. Berdasarkan penelitian analisis pengaruh faktor-faktor pendukung pembelajaran terhadap hasil belajar sepak takraw dapat disimpulkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar sepak takraw berdasarkan paparan data beberapa artikel yang sudah direview.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanif. A.S. (2015). Sepak Takraw Untuk Pelajar. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.

Iyakrus. (2009). Permainan Sepak Takraw. Palembang: Unsri Press.

Kyriacou, C. (2009). Effective Teaching: Theory and Practice. Bandung: Nusa Media.

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (1997). CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sukintaka. (1992). Teori Bermain Untuk D.2 PGSD Penjaskes. Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Winarno, M. . (2004). Pengembangan Permainan Sepaktakraw. Jakarta: Center ForHuman Capacity Development.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Sulistyo, B., & Sceisarriya, V. M. (2021). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Pendukung Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sepak Sila Cabang Olahraga Takraw. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 30–35. https://doi.org/10.55933/pjga.v1i2.84