ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN MENYIMAK MATERI DONGENG FABEL PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Faktor-Faktor Kesulitan Menyimak
Dongeng Fabel

How to Cite

Andriana, W., Santosa, A. B., & Nugroho, W. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN MENYIMAK MATERI DONGENG FABEL PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 124–132. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/175

Abstract

Menyimak sebagai hal yang paling utama untuk meningkatkan komunikasi pada siswa agar sdapat berkomunikasi dengan efektif. Dalam menyimak terdapat sebuah kesulitan terlebih saat siswa menyimak dongeng fabel. Kesulitan menyimak merupakan suatu kondisi dimana kompetensi yang dicapai tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Kondisi yang demikian pada umumnya disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan faktor-faktor penyebab kesulitan menyimak siswa materi dongeng fabel pada siswa kelas II. Penelitian ini dilakukan di kelas II SDN 2 Wonorejo, SDN 3 Sukorejo, dan SDN 4 Sukorejo Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek dengan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Dongeng fabel dalam pembelajaran mengandung pesan moral, amanat, dan nasihat. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan siswa yang kesulitan menyimak sering merasa bosan, acuh dan tidak peduli terhadap pembicara. Siswa yang berkesulitan menyimak cenderung sulit untuk berkonsentrasi dan fokus terhadap pembelajaran. Terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menyimak yaitu, laki-laki biasanya cepat bosan dan cenderung kurang aktif dalam pembelajaran sedangkan siswa perempuan aktif dalam pembelajaran. Pada lingkungan belajar siswa ketika pembelajaran menyimak di sekolah, guru  menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dengan mengajak siswa keluar kelas dan belajar di perpustakaan. Siswa diajak keluar kelas dan ke perpustakaan bertujuan untuk membuat siswa focus dalam menyimak. Dari beberapa hasil tersebut dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab kesulitan menyimak pada materi dongeng fabel adalah faktor psikologis, (2) faktor pengalaman, (3) faktor sikap, (4) faktor motivasi, (5) faktor jenis kelamin, (6) faktor lingkungan.

PDF

References

Akhyar, Fitria. 2017. Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Fitria Akhyar.

Al-Qudsy & Nurhidayah. 2010. Mendidik Anak Lewat Dongeng. Yogyakarta : Madania (PT. Pustaka Insan Madani).

Aqib & Irawan. 2019. Bahasa Indonesia Keilmuan-Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. Yogyakarta: ANDI Yogaykarta.

Fauziah. 2015. Kesulitan Belajar dalam Mata Kuliah Menyimak dan Faktor Penyebabnya pada Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Bahasa Prancis. (Online). Diakses pada, 2 Januari 2021.

Jannah. 2020. Kesulitan Menyimak Siswa Kelas Rendah Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. (Online). Diakses pada, 5 Januari 2021.

Kuncorowati, dkk. 2021. Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Program Sarjana. Edisi Revisi ke-IX Cetakan Pertama Tahun 2021. STKIP PGRI Trenggalek.

Massitoh, E. I. 2021, October). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Keterampilan Menyimak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 330-333).

Maulana, I. A. 2021. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyimak Cerita Pendek Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iii Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Moloeng. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ratnasari. 2019. Pengembangan Media Kartu Bergambar Materi Dongeng di Kelas II Sekolah Dasar. (Online). Diakses pada, 13 Januari 2021.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.

Tarigan, I. S. B. 2020. Analisis Kesulitan Siswa Belajar Menyimak Di Kelas V Sdn 048232 Kabanjahe Ta 2019/2020 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).

Tarigan. 2013. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Triadi, Bagus & Pujiati, Tri. Kesulitan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. (Online). Diakses pada, 26 November 2020.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Wahyu Andriana, Agus Budi Santosa, Wahyu Nugroho

Downloads

Download data is not yet available.