Abstract
Tantangan kita dalam pendidikan ialah menyiapkan anak untuk hidup dalam lingkungan milennium ke-3, bukan semata-mata dalam lingkungan saat ini. Bagaimana kita menyiapkan seseorang untuk hidup dalam lingkungan yang sebagian besar belum dikenal disebabkan oleh adanya akselerasi yang luar biasa dari perubahan-perubahan yang terjadi akhir-akhir ini. Untuk mendapatkan gambaran dan hasil penelitian yang maksimal penulis melakukan penelitian pada SD Negeri 1 Karangrejo, kecamatan Kamapak, Kabupaten Trenggalek, dengan populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas V. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan saturated sample. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen non tes yaitu berupa angket untuk mengetahui pengaruh perhatian dan tanggung jawab orang tua terhadap hasil belajar peserta didik. Adapun untuk mengetahui validitas dan reliabilitas menggunakan validasi ahli.
References
Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Badruzaman, Dudi. 2019. Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Terhada- Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikaan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, (online), 2019 8 (1) 591:600, diakses pada 17 Desember 2020
Meliana, Oky Jery. Zakiyah, Yulianti Qiqi & Dedhi Ujang. 2019. Perhatian Orang Tua Dalam Pendidikan Keagaamaan Anak Di Rumah Hubungannya Dengan Perilaku Mereka Di Lingkungan Sekitar, (online), 2019 4 (1), diakses pada 20 Desember 2020
Nisa, Afianti. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Ilmu Pengetahuan Soial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, (Online), 11 (1) 2015, Diakses 17 Desember 2020
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Lidya Khorista