Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media Pop-Up Boom dengan menggunakan sistem iqro’ untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Model pengembangan yang menjadi dasar peneliti dalam mengembangkan produk yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, and Evaluation). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan paired sample t-test dengan bantuan software SPSS 25.0. Berdasarkan hasil penelitian bahwa media pop up book dengan menggunakan sistem iqro’ valid dan dapat meningkatkan keterampilan membaca kelas 1 sekolah dasar.
References
Abdurrahman, M. 1996. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Fuady, A., Sumarwati, dan Mulyono, S. 2012. “Pembuatan Peta Semantik pada Kegiatan Prabaca untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Siswa Sekolah Menengah”. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, vol. 1, nomor 1, hlm. 1-24.
Sari, N. E., & Suryana, D. 2019. Thematic Pop-Up Book as a Learning Media for Early Childhood Language Development. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 43-57.
Soedarso. 2005. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta. Bandung
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Alfabeta. Bandung
Tageh, I Made, Jampel, I Nyoman, dan Pujawan, Ketut. 2015. Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif. (Online) Vol 3: 208-210. (https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/507). Diakses pada 4 Januari 2021
Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Pop–Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10-16.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Rahma Ade Saputri Rahma