PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING DI SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Hasil belajar
Metode Pembelajaran Matematika Gasing

How to Cite

Sunarti. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING DI SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 29–38. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/263

Abstract

Hasil belajar siswa pada materi keliling bangun datar masih kurang optimal. Hasil belajar yang kurang optimal karena adanya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi keliling bangun datar rendah. Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran yang dipegaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan. Sebagian besar guru masih menerapkan metode konvensional yaitu ceramah dalam mengajarkan materi keliling bangun datar. Metode konvensional dirasa kurang efektif diterapkan dalam pembelajaran materi keliling bangun datar. Berdasarkan hal tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran materi keliling bangun datar, salah satunya yaitu metode pembelajaran matematika gasing. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran matematika gasing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika  kelas 3 SDN 3 Gandusari. Hasil yang diperoleh oleh peneliti sebagai berikut : hasil tes formatif siswa dengan rata-rata nilai 51,82 pada pra siklus. Sedangkan pada siklus 1 menjadi 65,45. Dan pada akhir siklus 2 nilai rata-rata 78,18. Sedangkan prosentase ketuntasan 36,36% pada pra siklus menjadi 63,64% pada siklus 1 dan akhir pembelajaran siklus 2 mencapai 81,82%. Dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil karena nilai rata-rata pada akhir siklus 2 mencapai di atas KKM yang hanya 60, dan ketuntasan mencapai di atas 75%. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode pembelajaran matematika gasing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika SDN 3 Gandusari.

PDF

References

Ananda, A. F., Djudin, T., & Arsyid, S.B. (2018). Penggunaan Metode Gasing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Gerak Lurus Di SMA Negeri 3 Sanggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(4), 1-8.

Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 24-32.

Husna, A. & Sari, R. N. (2018). Pendampingan Belajar Matematika Dengan Metode “Gasing” Kepada Murid Sekolah Dasar Negeri 008 Belakang Padang. Minda Baharu, 2(2), 188-195.

Dimyati, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Firosalia, K. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

Mulyawati, I. & Sarwinda, W. (2020). Workshop Metode Matematika Gasing Bagi Guru SD Muhammadiyah Se Jakarta Timur. Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 4(2), 79-85. Doi: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37495

Kusuma, M. W. K., dkk (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(1), 37-46. http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19330

Zafivani, O., Ameth, H., Wulandari, D. P., Sulistiawati, S., & Siregar, J. H. (2016). Penerapan Matematika Gasing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mempelajari Konsep Penjumlaham Bilangan Bulat. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 661-671. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21687.

Pujiati. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika . Jurnal Pendidikan Dewantara, 7(1), 1-8.

Purnawati, R. R., Slameto, & Radia, E. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Kelas 4 Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 124-132. Doi: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.350

Setiawan, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaranprobing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 1-16.

Supriyadi. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Cakrawala Ilmu.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Sunarti