IMPLEMENTASI METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
PDF

Keywords

Pembelajaran Tematik
Pembelajaran Kooperatif
Metode Number Head Together

How to Cite

Zativalen, O., & Humairah, H. (2021). IMPLEMENTASI METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 74–83. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.274

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan implementasi metode Numbered Heads Together NHT pada Pembelajaran Tematik. Pembelajaran kooperatif merujuk pada berbagai macam metode pengajaran yang siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dengan mempelajari materi pelajaran. Metode NHT memberikan kesempatan teman yang lain untuk mendapatkan kewajiban dan hak yangsama dalam proses belajar dalam kelas. Hal ini akan memotivasi siswa dalam kelompok untuk bekerja sama dan bertanggung jawab atas dirinya dan teman satu kelompok untuk memahami isi materi dengan maksimal. Metode number head together menjamin keterlibatan total semua siswa dan merupakan upaya yang sangat baik untuk meningkatkan tanggung jawab individu dalam diskusi kelompok. Pembelajaran tematik merupakan suatu proses belajar mengajar yang melibatkan beberapa bidang studi untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Metode NHT sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran tematik, mengingat kedua variabel menggutamakan keterlibatan siswa langsung dan memberikan pengalaman yang bermakna.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.274
PDF

References

Arends, R.I. 1997. Learning to Theach. New York: Singapore: Mc Graw-Hill book Company

Arends, R.I. 2000. Learning to Theacher Sixth. New York: McGraw-Hill Companies, Inc

Depdiknas. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta : PUSKUR BALITABANG DEPDIKNAS

Fogarty, Robin. 1991. How To Integrate The Curricula. USA : IRI/Skylight Publishing.

Ibrahim, H.M dkk. 2008. Pembelajaran kooperatif. Surabaya:university press

Kovalik, Susan dan Karen Olsen. 1994. ITI : The Model Integrated Thematic Instruction. WA : Susan Kovalik & Associates

Lie,A. 2008. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Pengembangan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Malang;UM

O’Malley, J. M & Pierce, L. V. 1996. Authentic Assesment for Eanglish Language Learners: Practical Approaches for Teachers. Addison-Wesley Company, Inc.

Pramoto, Suko 2009. Model Pembelajaran Tematik dan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nomor 11 April 1009: 8-15. Diakses 17 September 2015.

Slavin, R. E. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Terjemahan oleh NarulitaYusron. 2011. Bandung: Penerbit Nusa Media

Slavin, R. E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research, and Practice (2nd edition). Massachu setts: Allyn and Bacon Publisher.

Slavin, R. E. 2000. Educational Psycology Theory and Practice Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon Publishers.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative learning, teori dan aplikasi paikem. Yogjakarta:pustaka pelajar

Trianto, 2011. Model-model pembelajaran berorientasi konstruktifis (konsep, landasan teoritis praktis dan implementasinya). Jakarta:prestasi pustaka publisher.

Widyasono, H. 2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah. Jakarta : Bumi Aksara

Zativalen, O, DKK. 2016. PENGARUH METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN DINOYO 2 KOTA MALANG. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol. 1 No. 5 Hal. 855—860

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Oriza zativalen, Humairah

Downloads

Download data is not yet available.