Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi peneliti, bahwa kemampuan mengenal bilangan sederhana 1 – 10 pada kelompok bermain usia 3 – 4 tahun di KB PKK Baye Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri masih sangat rendah. Disini terbukti dari anak belum mampu membedakan angka satu dengan angka tujuh, kemudian angka enam dengan angka sembilan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media yang menarik masih sangat kurang di lembaga ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangjan media HIKORI (Hitung Ikon Kediri) berbasis budaya lokal untuk mengenal bilangan sederhana 1 – 10 dapat digunakan pada kelompok bermain Anak Usia 3 – 4 Tahun?”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahap yaitu penemuan potensi juga masalah, mengumpulkan data data, mendesain produk, dan memvalidasi media. Dimana peneliti mulai mengumpulkan informasi terkait permasalahan yang ada di lembaga, kemudian peneliti mengumpulkan data dan informasi agar bisa dipakai sebagai bahan untuk perencanaan produk, kemudian peneliti melakukan desain produk sehingga peneliti memiliki acuan untuk membuat media, kemudia peneliti memvalidasikan media yang dibuat kepada ahli media dan ahli materi masing – masing dua orang. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan dimana media HIKORI (Hitung Ikon Kediri) layak diuji cobakan pada anak usia 3 – 4 tahun di KB PKK Baye.
References
Ali, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Pohon Hitung Usia 4-5 Tahun Di Tk. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7).
Asma, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Berhitung Melalui Permainan Mencari Harta Karun di TK Pertiwi Kota Banda Aceh. Serambi PTK, 6(2), 45-54.
Borg, W R & Gall, M D. (2003). Educational Research: an Introduction (7. ed). New York: Logman Inc
Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran. https://books.google.co.id/books hl=id&lr=&id=TgCDDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA44&dq=Media+Pembelajaran+Anak+Usia+Dini+GUSLINDA&ots=3WDPErSDiI&sig=gqn01i76M5BBkJ2ZCWFmcVVgLpA&redir_esc=y#v=onepage&q=Media Pembelajaran Anak Usia Dini GUSLINDA&f=false
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79-u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ8At0XT
Karwati, E. (2014). Pengembangan pembelajaran dengan menekankan budaya lokal pada pendidikan anak usia dini. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(1).
Lestariningrum, A. (2015). Pemanfaatan media biji-bijian sebagai sumber belajar bidang pengembangan matematika pada anak usia dini. Efektor, 2(2).
Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan pembuatan media pembelajaran anak usia dini menggunakan bahan sisa. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 2(2b), 44-53.
Rahmawati, Y. (2012). Pengenalan Budaya Melalui Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
Silvi Putri Anggraini. (2020). Pengaruh Media Card Table Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai, 1–16. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/35839
Zaman, B., & Eliyawati, C. (2010). Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru (PPG) Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Yeny Kartika Maharani, Anik Lestariningrum, Rosa Imani Khan