PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V SDN 1 SUKORAME
PDF

Keywords

Literasi Sains
Contextual Teaching and Learning
Eksperimen

How to Cite

SETIANI, S., Wardhani, I. S. K. ., Santosa, A. B., William, N., & Pratiwi, D. J. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V SDN 1 SUKORAME . TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.364

Abstract

Model pembelajaran contextual teaching and learning merupakan model pembelajaran yang membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa melalui kegiatan belajar secara kontekstual yang bertujuan untuk membangun keterampilan siswa dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar secara langsung. Selain itu, model pembelajaran tersebut data dipadukan dengan penerapan metode berbasis eksperimen dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa di Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan masih rendahnya tingkat kemampuan literasi sains siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengerahui pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis eksperimen dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa di Sekolah Dasar. Sehingga untuk mendapatkan data dan hasil yang maksimal, peneliti menggunakan populasi siswa dari Sekolah Dasar di Desa Sukorame dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas V di SDN 1 Sukorame yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan dari SDN 3 Sukorame dengan jumlah 17 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental design yang digunakan adalah non equivalent control group design. Intrumen yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent sampel t test diketahui adanya perbedaan yang signifikan dengan hasil sebesar 0,001 ≤ 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning siswa kelas V SDN 1 Sukorame. Mengingat pentingnya masalah penelitian ini dimohon semua pihak yang terkait lebih memperhatikan kebutuhan siswa dalam memahami materi dengan penggunaan model pembelajaran yang sesuai sehingga mampu meningkatkan kemampuan siswa.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.364
PDF

References

Fatmala, S. A., Sujana, A., & Maulana, M. (2017). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sd Kelas V Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1)

Fitariya, F. (2018). Meningkatkan Literasi Sains di SDN Sidokumpul dengan Metode Exsperimen. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor:Ghalia Indonesia.

Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education 1.1: 43-50

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2)

Priyani, Y. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Literasi Sains Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Man 2 Banyumas (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 SEPTI SETIANI, Intan Susetyo Kusumo Wardhani, Agus Budi Santosa, Nanda William, Diyanti Jati Pratiwi

Downloads

Download data is not yet available.