PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 1 GAMPING
PDF

Keywords

Minat belajar
Hasil belajar
Siswa kelas VI

How to Cite

Setiawan, A. ., Nugroho, W. ., & Widyaningtyas, D. . (2022). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 1 GAMPING. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Abstract

Setiap siswa sebagai individu memiliki minat dan ketertarikan yang berbeda-beda, termasuk dalam menentukan ketertarikan minat pembelajaran. Minat belajar siswa akan berdampak pada hasil belajar. berdasarkan hasil observasi di SDN 1 Gamping menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar siswa menjadi faktor utama dalam tingkat pemahaman yang di dorong oleh adanya minat belajar.  hasil belajar yang cendeung rendah akan berdampak pada rendahnya minat belajar siswa yang dapat dilihat dari banyak siswa yang mengantuk, dan kurang semangat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Gamping. Jenis penelitian pada penenlitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian kolerasi. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN 1 Gamping berada pada kategori sedang dengan persentase 42%.  Sedangkan besar pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 78,5%. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang saling mempengaruhi antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Gamping. Saran bagi pendidik ada baiknya memetakan minat belajar siswa sejak awal untuk memaksimalkan hasil belajar.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
PDF

References

Agustin Sukses Dakhi. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Andi Achru. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Besare, S. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018

Fahadah, S. E., Nurika, & Lutfiya, F. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 199–207. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Gunawan, Lilik Kustiani, L. S. H. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Indrastuti, W., Utaya, S., & Irawan, E. B. (2017). Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Jurnal Pendidikan, 2(8), 1037–1042.

Maharani, V. A. P., Santosa, A. B., & Nugroho, W. (2021). Analisis Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Daring Pada Anak Di Tingkat Sd Di Era Pandemi Covid-19. Urnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 1–9. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/169%0Ahttps://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/download/169/161

Marleni, lusi. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846

Moh.Ainol Yakin. (2021). Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Kelas X. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 15(2), 108–114.

Mulyadi, M. (2019). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128.

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2014

Nugroho, W. (2021). Pengaruh Media Lingkungan Sekolah Berbasis Adiwiyata terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Honoli Journal of Primary Teacher Education, 1(2), 39–48., 1(2), 9-39–48. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/honoli/article/view/5759

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452

Putri, K., Djaja, S., & Suyadi, B. (2017). The Influence of Learning Interest and Emotional Intelligence towards Learning Achievement Grade XI Senior High School 1 Prajekan Regency

Bondowoso School Year 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2017), 67–74.

Rahayu, B. F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 103–113. https://doi.org/DOI: doi.org/10.21009/JPD.012.02

Reski, N. (2021). Tingkat Minat Belajar Siswa Kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2485–2490.

Rusmiati. (2017). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa MA Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility

Setiawan, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15963

Sidik, Fitriana As. Febriandari, Ika, Efi. Setiawan, A. (2020). Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Ngulankulon. Bidayatuna, 3(2), 2017–2224.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sulastri, Imran, & Firmansyah, A. (2014). Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di. Jurnal Kreatif Online, 3(1), 90–103. https://media.neliti.com/media/publications/113571-ID-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-melalui.pdf

Trismayanti, S. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 142–159. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Utama, A. P., Hendrawijaya, A. T., & Imsiyah, N. (2017). Korelasi Antara Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Aisyiyah Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 36–38.

Waddi Fatimah, Perawati Bte Abustang, R. S. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 28–35.

Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Angga Setiawan, Wahyu Nugroho, Dessy Widyaningtyas

Downloads

Download data is not yet available.