Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana menanamkan sikap jiwa kepemimpian dalam Pendidikan Pramuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data melalui peningkatan ketekunan, triangulasi dan memberi check. Analisis data yang telah diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam menanamkan sikap jiwa kepemimpinan sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) Gerakan Pramuka menerapkan prinsip kepemimpinan; Ing Ngarso Sung Tulodo (Bertindak Adil, tepat waktu, kontrol emosi); Ing Madyo Mangun Karso (Mampu mengarahkan dan memberi saran, menciptakan kebersamaan, meningkatkan semangat); Tutwuri Handayani (Mampu mempengaruhi, mendorong percaya diri, meningkatkan rasa peduli). Kesimpulan yang diperoleh yaitu penanaman sikap jiwa kepemimpinan dapat dilakukan melalui Pendidikan Pramuka. Dalam Pendidikan Pramuka untuk menanamkan sikap jiwa kepemimpinan menerapkan Metode Kepramukaan, di antaranya; Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka (satya dan darma), Belajar Sambil Melakukan, Sistem Beregu, Kegiatan di Alam Terbuka, dan Kemitraan Dengan Orang Dewasa.
References
Amirullah. 2015. Kepemimpinan dan Kerja sama Tim. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Azwar, Saifuddin. 2015. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Jogyakarta: Pustaka Belajar
Kusmanto, benedictus., & Widodo, Adi, Sri. 2016. Pola Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. Jurnal program studi pendidikan matematika Fkip Universitas Sarjanawiyata Taman siswa. Nomor ISSN: 1907-4034. Hlm.17-29.
Moleong, J, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munir, Mishbahul. 2014. Buku Sakti Pramuka. Semarang: Salmahat Publishing.
Puspitasari, Wenni. 2016. Manfaat Permainan Kepramukaan Dalam Menanamkan karakter Kepemimpinan Siswa SDN 18 Kota Bengkulu.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Guru Propesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media UU No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka Bab I pasal 1 point 4
Winarni, Endang W. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: Putri Media.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2020 Irfan Supriatna, Herman