ANALISIS DAMPAK PENGHAPUSAN UJIAN NASIONAL PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 6 DI SDN 2 PODOREJO
PDF

Keywords

Dampak
Motivasi Belajar
Penghapusan Ujian Nasional

How to Cite

Triatmaja, B., Ratri, A. K., & Misprihatin, M. (2022). ANALISIS DAMPAK PENGHAPUSAN UJIAN NASIONAL PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 6 DI SDN 2 PODOREJO. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 122–128. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.389

Abstract

Ujian Nasional adalah sistem evaluasi atau penilaian standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dengan menetapkan standarisasi nasional pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, tahun 2020  akan menjadi tahun terakhir pelaksanaan Ujian Nasional hal ini dikarenakan penyebaran Corona Virus. Dengan penghapusan Ujian Nasional, siswa kelas 6 SDN 2 Podorejo lebih santai dan tanpa tekanan dalam proses pembelajaran berlangsung dan berkurangnya semangat berkompetisi antar siswa. Tujuan dilakukannya penelitian untuk mendeskripsikan dampak penghapusan Ujian Nasional pada motivasi belajar pada siswa kelas 6  di SDN 2 Podorejo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Podorejo. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas 6 dengan jumlah keseluruhan 8 siswa Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar menurun akibat dari dihapuskan ujian nasional adalah AYR, JER, KJR, MFR, MTF, dan MRWH, mereka berenam motivasi belajarnya menurun. Akan tetapi disisi lain siswa merasa tidak terbebani lagi dengan adanya materi yang harus dipelajari, karena saat ujian nasional masih ada siswa dituntut untuk belajar ekstra untuk belajar materi pembelajaran dan latihan soal yang banyak demi target bisa lulus ujian nasional.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.389
PDF

References

Berbagi Ilmu. 2016. “Dampak positif dan negatif penghapusan ujian nasional.”

BSNP. 2018. “Buku Saku UN.” https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2018/03/Buku-Saku-UN-6-Des-2017-Edit-21-Maret-2018.pdf, 1–21. https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2018/03/Buku-Saku-UN-6-Des-2017-Edit-21-Maret-2018.pdf.

Dr. Vladimir, Vega Falcon. 2019. “済無No Title No Title No Title.” Gastronomía ecuatoriana y turismo local. 1 (69): 5–24.

Fajri Ismail. 2015. “Pro Kontra Ujian Nasional.” : : J U R Na L K E Pe N Di Di K a N 7: http://ejournal.stain.sorong.ac.id/indeks.php/al-r.

Gustom, Syawal. 2012. “Ujian Nasional Sebagai Wahana Evaluasi Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa.” Jurnal Pendidikan, hlm. 5.

Kirana, Jihan, Kiki Pratama Rajagukguk, Elfi Lailan, dan Syamita Lubis. 2020. “Analisis Dampak Covid-19 Pada Masyarakat Sumatera Utara.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD 1 (1): 64–69.

Mtsweni, Emmanuel S., Tertia Hörne, John Andrew van der Poll, Marshima Rosli, Ewan Tempero, Andrew Luxton-reilly, Aneerav Sukhoo, et al. 2020. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Engineering, Construction and Architectural Management 25 (1): 1–9. http://dx.doi.org/10.1016/j.jss.2014.12.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.03.034%0Ahttps://www.iiste.org/Journals/index.php/JPID/article/viewFile/19288/19711%0Ahttp://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.678.6911&rep=rep1&type=pdf.

Musa, Idhar Efendi. 2021. “ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE FREE FIRE PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DESA REJOSARI KECAMATAN KALIDAWIR,” no. September.

Rahmawati, Elanda Nurhafizh. 2013. “Profil Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kegiatan Field Trip Pada Konsep Ekosistem.” UPI Repisitori. http://repository.upi.edu/4367/.

Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17 (33): 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Sekaran, Uma. 2016. “Metode Penelitiaan Bisni,” 135.

Suardana, Anak Agung Putu Chintya Putri, dan Nicholas Simarmata. 2013. “Hubungan Motivasi Belajar dan Kecemasan Menjelang Ujian.” Jurnal Psikologi Udayana 1 (1): 203–12.

Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI.”

Yanti, Supri, Erlamsyah Erlamsyah, dan Zikra Zikra. 2013. “Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa.” Konselor 2 (1). https://doi.org/10.24036/02013211242-0-00.

Yasa, I Gede Palguna, dan Luh Indrayani. 2021. “Persepsi Guru dan Siswa Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Negara Tentang Penghapusan Ujian Nasional.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 13 (2): 285. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.33648.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Bagas Triatmaja, Asri Kusumaning Ratri, Misprihatin

Downloads

Download data is not yet available.