ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SDN 02 NGRAYUNG
PDF

Keywords

Membaca Permulaan
Sekolah Dasar

How to Cite

Romelah, S., & Laili, A. M. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SDN 02 NGRAYUNG . TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.433

Abstract

Membaca permulaan merupakan sebuah tahapan proses belajar bagi peserta didik sekolah dasar kelas awal. Dari membaca, siswa dituntut untuk memiliki kemampuan memahami untuk membaca dengan intonasi yang dasar dan sesuai sebagai bekal untuk pembelajaran selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 2 Ngrayung. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Ngrayung Kabupaten Trenggalek dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil analisis membaca permulaan di SDN 2 Ngrayung diperoleh bahwa siswa kelas 1 memperoleh nilai baik dimana 3 indikator rata-rata siswa sudh menguasai, hanya tinggal 2 indikator yang masih perlu bimbingan dari guru. siswa disini sudah lancar ketika membaca cerita pendek dan hanya ada 1 siswa ketika membaca cerita pendek sering melakukan pengulangan kata. Maka dari hasil analisis yang diperoleh, siswa kelas 1 di SDN 2 Ngrayung memiliki kemampuan membaca permulaan yang berbeda-beda, sehingga guru harus mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh setiap siswa, agar kegiatan belajar Kemampuan membaca bagi siswa dipandang menjadi penentu keberhasilan dalam aktivitas belajarnya di sekolah, dimana seluruh materi pelajaran dalam berbagai bidang studi harus dipahami dan menuntut pemahaman melalui aktivitas membaca. Hasil riset Programme for International Student Assessment (PISA) menyebutkan bahwa kemampuan membaca siswa di Indonesia di urutan ke 57 dari 65 negara. Berdasarkan hasil riset tersebut menunjukan bahwa siswa indonesia memiliki kemampuan membaca yang rendah dibandingkan negara lain. Secara umum setiap guru mengharapkan anak didiknya dapat membaca dengan lancar.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.433
PDF

References

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. https://doi.org/10.31227/osf.io/s3kr6.

Aryani, r, & Fauziyah, P.Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Dileksia. Jurnal Basicedu, 3(2), 478-486. https://doi.org/10.31004/0bsesi.v5i2.645.

Fauzi (2018). Karateristik Kesulitan Belajar Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. PERSPETIF Ilmu Pendidikan , 32.

Koswara. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spsifik. Jakarta : Luxima Metro Media.

Mardika, W. & Hasanudin. (2019). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 5(2): 227–33. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index.

Masroah, W. & Rokhmaniyah. (2020). Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan Analisis Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I ( Studi Kasus Di SDN Argopeni Tahun Ajaran 2019 / 2020 Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan Hasil Riset Programme for Intermational Student Assessment ( PISA). Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 8(c). Sebelas Maret University

Masykuri. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 MI Pesantren Pembangunan Cibeunying Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun 2017/2018. Undergraduate (SI) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Siti Romelah, Alik Mustafidal Laili

Downloads

Download data is not yet available.