PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA KOBOY WORDWALL TEMA 8 SUBTEMA 4 PADA SISWA KELAS 1 SDN 2 PODOREJO

Keywords

Media Diorama Koboy Wordwall
Siswa Kelas 1
Pengembangan Media

How to Cite

Asriyanti, F. D., & Makhferoh, N. P. N. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA KOBOY WORDWALL TEMA 8 SUBTEMA 4 PADA SISWA KELAS 1 SDN 2 PODOREJO. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 94–104. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran yang mengandung unsur alam baik dari segi isi soal dan penyajiannya. Diorama Koboy Wordwall yang dikembangkan peneliti yaitu sebuah media yang mengusung tema bencana alam dalam pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran tema 8 subtema 4. Dengan adanya Diorama Koboy Wordwall ini dapat membantu siswa dalam belajar dan juga mengenal alam yang ada disekitar mereka. Pada media Diorama Koboy Wordwall yang dikembangkan memuat materi tema 8 subtema 4 untuk kelas 1 SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE. Dalam model ADDIE ini terdapat 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluate (Evaluasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media Diorama Koboy Wordwall tema 8 subtema 4 kelas 1 SD diperoleh berdasarkan penilaian ahli soal, ahli media dan juga respon siswa. Penilaian ahli media memproleh persentase 85,7% Sangat Layak. Pada penilaian ahli soal memperoleh persentase 94% sehingga termasuk kategori Sangat Layak. Presentase sebesar 91,01% dari angket respon siswa termasuk ke dalam kriteria kelayakan Sangat Layak dan valid digunakan. Dengan demikian Media Diorama Koboy Wordwall tema 8 subtema 4 ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran tematik peristiwa alam pada siswa kelas 1 SD.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.456

References

Abdul Majid. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Abdul Wahab dan Umiarso. (2011). Kependidikan dan Kecerdasan Spiritual. Jogjakarta: Ar –Ruzz.

Agustina, Putri. 2011. Psikologi Perkembangan. Surakarta: PGSD UMS.

Alam, A., Dewi, K., Setiawan, H., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021).

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Bima Tema 8 Subtema 2 Untuk Kelas IV SDN INPRES RATO Tahun Pelajaran 2020/2021. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1990), 188–199. https://jurnal.educ3.org/index.php

Amalia, M. D., Agustini, F., & Sulianto, J. (2018). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagogia, 20(2), 185. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.9850

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas

Fauzi, Ahmad. 2014. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta : CV Budi Utama

Fuada, S. (2015). Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) Untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 854–861.

Haryati. 2013. Media Pembelajaran Rempah-Rempah dan Bahan Penyegar.

Bandung: Pendidikan Teknologi Industri Universitas Putra Indonesia.

Irham Halik, “Membuat Game Edukasi Dengan Wordwall”,https://irhamhalik.com/membuat-games-edukasi-dengan word- wall/ (Akses 15 Agustus 2020).

Maghfiroh, K. (2018). Jurnal Profesi Keguruan. 4(1), 64–70.

Mulyatiningsih, Endang.2011. Metode Penelitian Terapan bidang pendidikan. Bandung : CV. Alfabeta.

Pribadi, dwiputra 2013. (2015). ACUAN TEORITIk.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. 4(April), 195–199.

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). PENGGUNAAN GAME EDUKASI DIGITAL SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN ANAK

Siswa, U., Di, K. V, & Pulau, M. I. A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA TEMA 8 UNTUK SISWA KELAS V DI MI AL-HIDAYAH PULAU KUKUSAN.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Developmrnt /R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryo, subroto. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutopo,Rahmayani, dkk.(2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar.

USIA DINI. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Frita Devi Asriyanti, Nisa Putri Nur Makhferoh

Downloads

Download data is not yet available.