Abstract
Teknologi komputer terutama dalam bidang microsof word merupakan pengetahuan utama dalam kemampuan dasar siswa pada teknologi komputer yang implementasinya masih dipertanyakan di berbagai sekolah di indonesia. Metode kualitatif bertujuan untuk memperoleh hasil apa adanya karena diakses langsung dari fenomena yang terjadi dan sesungguhnya serta berada dalam ruang lingkup kasus dari sejumlah kasus kecil. Dan, metode yang digunakan pada saat pelaksanakan tugas kampus mengajar angkatan 3 diambil dengan berbagai pertimbangan yang telah dilakukan. Penelitian ini melibatkan 22 Siswa kelas 5 SD Negeri 2 Sudalarang yang digunakan sebagai subjek utama penelitian. Data dikumpulkan dengan metode kualitatif menggunakan sample siswa kelas 5 di SD Negeri 2 Sudalarang, dan dibantu dengan adanya AKM (Assesmen Kompetensi Minumum). Data dianalisis menggunakan diagram yang menunjukan perkembangan siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa pada bulan pertama pelaksanaan siswa memiliki kemampuan kurang terhadap teknologi. Akan tetapi, mengalami peningkatan pengetahuan teknologi setelah melaksanakan pengenalan teknologi komputer meskipun hanya pada microsoft word.
References
Alwasilah, A. C. (t.thn.). Pokoknya Kualitatif: Dasar- dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. 2011.
Lakens, D. (2022). Sample Size Justification. Collabra:Psychology, 1-32.
Shomiryazev. (2022). Developing Educational Technologies In School Technology Education. International Conference Of Scientific and Pedagogical Management Fundamental, 1-10.
Rosyada, D (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan.
Yerdiana Mohibu, H. I. (2021). The Application of the Cooperative Learning Model (Picture and Picture) to Improve the Students' Reading Skill. Langua-Journal of Linguistics, Literature, and Languange Education, 4, 6-12.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Nurul Fatonah, Hopipah Ainatul