PENGENALAN DASAR TEKNOLOGI KOMPUTER SISWA KELAS 5 SDN 2 SUDALARANG SUKAWENING DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD

Keywords

teknologi
komputer
microsoft word
inovasi
digitalisasi pendidikan

How to Cite

Fatonah, N., & Ainatul, H. (2023). PENGENALAN DASAR TEKNOLOGI KOMPUTER SISWA KELAS 5 SDN 2 SUDALARANG SUKAWENING DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 22–30. https://doi.org/10.55933/tjripd.v4i1.472

Abstract

Teknologi komputer terutama dalam bidang microsof word merupakan pengetahuan utama dalam kemampuan dasar siswa pada teknologi komputer yang implementasinya masih dipertanyakan di berbagai sekolah di indonesia. Metode kualitatif bertujuan untuk  memperoleh hasil apa adanya karena diakses langsung dari fenomena yang terjadi dan sesungguhnya serta  berada dalam ruang lingkup kasus dari sejumlah kasus kecil. Dan, metode yang digunakan pada saat pelaksanakan tugas kampus mengajar angkatan 3 diambil dengan berbagai pertimbangan yang telah dilakukan.  Penelitian ini melibatkan 22 Siswa kelas 5 SD Negeri 2 Sudalarang yang digunakan sebagai subjek utama  penelitian. Data dikumpulkan dengan metode kualitatif menggunakan sample siswa kelas 5 di SD Negeri 2 Sudalarang, dan dibantu dengan adanya AKM (Assesmen Kompetensi Minumum). Data dianalisis menggunakan diagram yang menunjukan perkembangan siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa pada bulan pertama pelaksanaan siswa memiliki kemampuan  kurang terhadap teknologi. Akan tetapi, mengalami peningkatan pengetahuan teknologi setelah melaksanakan pengenalan teknologi komputer meskipun hanya pada microsoft word.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v4i1.472

References

Alwasilah, A. C. (t.thn.). Pokoknya Kualitatif: Dasar- dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. 2011.

Lakens, D. (2022). Sample Size Justification. Collabra:Psychology, 1-32.

Shomiryazev. (2022). Developing Educational Technologies In School Technology Education. International Conference Of Scientific and Pedagogical Management Fundamental, 1-10.

Rosyada, D (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan.

Yerdiana Mohibu, H. I. (2021). The Application of the Cooperative Learning Model (Picture and Picture) to Improve the Students' Reading Skill. Langua-Journal of Linguistics, Literature, and Languange Education, 4, 6-12.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Nurul Fatonah, Hopipah Ainatul

Downloads

Download data is not yet available.