PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ON-LINE MELALUI IN HOUSE TRAINING
PDF

Keywords

Kemampuan guru
Aplikasi On-line
In House Training

How to Cite

Mashudi. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ON-LINE MELALUI IN HOUSE TRAINING. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.503

Abstract

Pembelajaran daring adalah sistem pembelajaran tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Kegiatan belajar mengajar terebut dilaksanakan karena masa pandemic covid-19 anak-anak tidak diperbolehkan pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Oleh karena itu guru harus mampu menggunakan aplikasi google meet untuk pembelajaran. Jadi tidak hanya menggunakan grup whatapps dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi on-line  untuk pembelajaran melalui In House Training  di SD Negeri 1 Mojoagung. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan sekolah dengan tujuan untuk mencari pemecahan permasalahan nyata yang terjadi di sekolah sekaligus mencari jawaban ilmiah bagaimana masalah tersebut bisa dipecahkan melalui suatu tindakan perbaikan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi on-line yang difokuskan pada google meet untuk pembelajaran daring yang dilakukan peneliti secara kolaboratif antara kepala sekolah/narasumber dan observer (teman sejawat) di SD Negeri 1 Mojoagung diperoleh kesimpulan bahwa: adanya peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan Google Meet untuk pembelajaran daring dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.503
PDF

References

Astuti, S., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui in House Training. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p37-47

Chandra, E. (2011). Efektivitas Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Biologi (Meta Analisis Terhadap Penelitian Eksperimen dalam Pembelajaran Biologi). Holistik, 12(1), 103–128.

Harianja, S. (2022). Pelaksanaan Kegiatan iHT Dengan Aplikasi Google Meeting Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Menyusun RPP Daring Masa Pandemi COVID 19. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 7(1), 1–12.

Lulu Kemaludin. 2011. Pengertian In House Training, tujuan dan Manfaatnya. http://tikettraining.com/pengertian-in- House-training-tujuan-dan-manfaatnya. Diunduh tanggal 9 Oktober 2015.

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (01), 13–21.

Suciati, S. (2020). Peningkatan Kreatifitas Dan Inisiatif Guru Melalui Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.131

Yaumi, M., & Damopolii, M. (2013). Action Research: Teori, Model, dan Aplikasi. Soins, 58(779), 55–58.

Yadi Jayadipura (2018), In House Training Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun RPP. Jurnal Idaarah, Vol. II, No. 2, Desember 2018

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Mashudi

Downloads

Download data is not yet available.