Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis sikap siswa kelas V SD dalam sikap multikultural dalam lingkungan siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif disebut juga naturalistik. Pemilihan sampel menggunakan teknik observasi dan angket Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V SDN Tenjeloyar 1 dengan kondisi heterogen dan memiliki keragaman agama, suku, dan budaya mampu menerapkan nilainilai multikultural dalam perilakunya. Kebiasaan siswa yang hidup saling berdampingan dengan teman-temanya yang memiliki latar belakang agama dan budaya yang berbeda membuat siswa mengerti dan memahami pentingnya sikap mencintai keberagaman budaya dan agama khususnya di lingkungan sekolah.
References
Aditya, U. B., Kuryanto, M. S., & Ahsin, M. N. (2021). Analisis Sikap Multikultural Siswa Di SD 1 Rahtawu Kecamatan Gebog Kudus. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 110120.
Agustian, M., Anindyta, P., & Grace, M. (2018). Mengembangkan karakter menghargai perbedaan melalui pendidikan multikultural. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2).
Arifudin, I. (2007). Urgensi implementasi pendidikan multikultural di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 12(2), 220-233.
Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan Multikultural dalam Menanggulangi Narasi Islamisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 224-243.
Fihayati, E., Hasyim, A., & Adha, M. M. (2014). Analisis Pemahaman dan Sikap Siswa terhadap Hubungan Sosial Siswa Berbeda Budaya (Doctoral dissertation, Lampung University).
Kurnianingsih, Y. (2018). Penanaman Sikap Toleransi Antar Siswa Beda Agama Di Sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto (Doctoral dissertation, IAIN).
Rufaida, H. (2017). Menumbuhkan sikap multikultural melalui internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 14-24.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Isna Ashoala, Arlen Wijayanti Suhendar