PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN DIGITAL TEKNOLOGI PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Keywords

Model Pembelajaran
Mind Mapping
Aplikasi Prezi
Hasil Belajar

How to Cite

Purnama, W. A., & Rohartati, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN DIGITAL TEKNOLOGI PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 49–59. https://doi.org/10.55933/tjripd.v4i1.680

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1)untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi di kelas eksperimen. 2) mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi. 3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah nonequivalent control grup design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas, satu kelas untuk kelas eksperimen dan satu kelas untuk kelas kontrol, yaitu siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan kelas IVC sebagai kelas kontrol. Intrumen penelitian ini berupa lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi dan tes untuk mengukur peningkatan hasil belajara peserta didik. Teknik analisis data yaitu, menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji T dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi di kelas eksperimen keterlaksanaan mencapai kriteria sangat baik dikarenakan seluruh sintak dapat dilaksanakan oleh guru. 2) terdapat peningkatan Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi. 3) peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ekspositori, terbukti bahwa model pembelajaran Mind Mapping berbantuan digital teknologi Prezi efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v4i1.680

References

Abdullah, S. R. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Abdurrahman. Quantum Learning: Unleashing The Genius In You. 1992. Bandung; Kaifa. Edward, Caroline. (2009). Mind Mapping Untuk Anak Sehat dan Cerdas. Yogyakarta: Sakti.

Anggi, (2018). Penggunaan Media Presentasi Berbasis Software Prezi untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Warugunung 1 Karang Pilang Surabaya. (Disertasi). Sarjana Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Anwar, F. (2015). Kelebihan dan Kekurangan Prezi.[online]. Diakes pada https://prezi.com/wlh10-tvkvsa/kelebihan-dan-kekurangan-prezi/.

A.Yusuf Muri. Prof. Dr. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Group.

Benu, A. Y., & Mbuik, H. B. (2024). Analisis Peran Ipas Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Gambaran Ideal Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 76-80.

Branch, R. M.,, d. M. (2012). Characteristics of instructional design models. Trends issues in instructional design and technology, , 8-16.

Buzan, T., (2006). Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Bungin, B. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia.

Dangesti, Putri. (2016). Penggunaan Media Mind Map dengan Aplikasi Prezi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. (Disertasi). Sarjana Pendidikan, Universitas negeri Jember.

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. (2003). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alwiyah.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1).

Estuhono, E., Mahmudi, M. R., & Ilahi, R. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran

Menggunakan Aplikasi Capcut Materi Kekayaan Budaya Indonesia Pada Pembelajaran Ipas Untuk Mendukung Merdeka Belajar Siswa Kelas Iv Min 2 Dharmasraya. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 319-330.

Gustafson, K. L.,, d. B. (2002). What is instructional design. Trends and issues instructional design and technology,, 16-25.

Gerald J. (2001). Instruduction To Operation Research. McGraw-HillCollege. Hanief, Yuliangga Nanda, dan Wasis Himawanto.(2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Depublish.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2016. Luar Jaringan (offline), Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.

Kholik, N. (2019). Social Studies: Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Aplikasi Preziuntuk Siswa Kelas VII SMP pokok bahasan Interaksi Sosial, 668-680. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/social-studies/article/view/9001.

Kunandar. (2014). Penilaian Aautentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal kependidikan, 1(1), 150-168.

Michalko, Michael. (2001). Permainan berpikir (thinkertoys). Bandung: KAIFA

M. Yusuf T dan Mutmainnah Amin. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol. 1 No. 1.

Oktaviyanti, I., Nurhasanah, N., Jiwandono, I. S., Khair, B. N., Ratnadi, R., & Affandi, L. H. (2020). WORKSOP PENYUSUNAN RANCANGAN PEMBELAJARAN MODEL MIND MAPPING UNTUK SD NEGERI 3 MIDANG. Jurnal PEPADU, 1(3), 298-306.

Rahman, T. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. CV. Pilar Nusantara.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Septian, Imam Faiz. (2019). Keefektivan Penerapan Media Prezi Desktop Ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Sidapurna 02 Kabupaten Tegal. (Disertasi). Sarjana Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sundari, N. (2013). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pengetahuan sosial di sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1).

Sohimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2014). metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia.

Sutanto, Windura. (2013). 1st Mind Map Untuk Siswa, Guru & Orang Tua. Jakarta:PT Gramedia. Sutanto, Windura. (2016). Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Gramedia.

Syam, Natriani, R. (2015). Moraref: Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial Kelas IV SDN 54 Kota Parepare,184-197. http://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1612.

Syafruddin Nurdin. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Tim Pengembangan MKDP. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Zurrahma, R. (2016). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Bandung: Informatika

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Wella Apriya Purnama, Sri Rohartati

Downloads

Download data is not yet available.