IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Versions

pdf

How to Cite

yusfitra Nurul Hidayani, & Bahrul Sri Rukmini. (2021). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(1), 40–47. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/102 (Original work published May 4, 2021)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PPKn kelas XI di SMK Negeri 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2019/2020.  2)  Faktor pendorong dan penghambat implementasi nilai-nilai demokrasi dalampembelajaran PPKn kelas XI SMK Negeri 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2019/2020. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PPKn kelas XI SMK Negeri 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif model Miles & Huberman dan pengecekan  keabsahan data  penelitian menggunakan teknik triangulasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PPKn kelas XI SMK Negeri  2 Trenggalek,sudah diimplementasikan akan tetapi masih ada beberapa  nilai demokrasi yang belum berjalan secara optimal, nilai-nilai demokrasi tersebut meliputi: a) Nilai demokrasi toleransi. b) Nilai demokrasi kebebasan mengemukakan pendapat. c) Nilai demokrasi terbuka dalam berkomunikasi.d) Nilai demokrasi percaya diri. e) Nilai demokrasi tanggung jawab. f) Nilai demokrasi kerjasama. 2) Faktor pendorong dan penghambat implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaranPPKn kelas XI SMK Negeri 2 Trenggalek, faktor  pendorongnya antara lain: a) Keteladanandari Bapak/Ibu guru, b) Sarana dan prasarana yang memadai, c) Pemberian motivasi yaitu penghargaan berupa nilai tambah kepada pesertadidik yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Faktor penghambat, antara lain: a) Faktor dari dalam diri peserta didik, b)Pengaruh lingkungan, c) Kurang perhatian dari orang tua. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PPKn kelas XI SMK Negeri 2Trenggalek,antara lain: a) Guru memberikan pemahaman,b) Pembiasaan perilaku,c) Teguran,d) Kesadaran dari orangtua,e) Komunikasi yang efektif.

pdf

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, J.Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sarifah, Lailatus. A. 2017. Penanaman Nilai Demokrasi dalam Boarding School di SMP IT (Islam Terpadu) Ihsanul Fikri Kabupaten Magelang, (Online), (https://lib.unnes.ac.id, diakses 17 November 2019).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Undang-Undang RI Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, (Online), (https://peraturan.bpk.go.id, diakses 2 Desember 2019).

Yuniarto, Bambang. 2018. Pendidikan Demokrasi dan Budaya Demokrasi Konstitusional. Yogyakarta: Deepublish Publisher, (Online), (http://repository.syekhnurjati.ac.id/view/creators/Bambang_Yuniarto=3A=3A.html, diakses 17 November 2019).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 yusfitra Nurul Hidayani, Bahrul Sri Rukmini