HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI
PDF

Keywords

Kecerdasan Emosional, Minat Belajar

How to Cite

Setyo Dwi Santoso, & Bahrul Sri Rukmini. (2021). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(2), 125–131. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/125

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan Emosional, minat belajar siswa dan ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan minat belajar.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan bersifat korelasi yang menggunakan subjek penelitian sample siswa kelas XI yang berjumlah 122 siswa. Pengumpulan data kecerdasan emosional dengan angket, sedangkan data minat belajar juga diperoleh dari angket. Penyebaran angket dilakukan dengan mengunakan google form dibagikan kepada 122 siswa kelas XI dan yang mengambalikan angket sebanyak 93 siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Dongko. Dengan data korelasi antara kecerdasan emosional dengan minat belajar mendapat nilai koefisien (rxy) sebesar 0,209. Maka dapat dikatakan bahwa hubungan antara kecerdasan emosional dan minat belajar pendidikan kewarganegaraan  siswa  kelas  XI di SMA Negeri 1 Dongko Kabupaten Trenggalek  Tahun ajaran 2020/2021 berkategori rendah. Dari hasil analisis data menggunakan SPSS diperoleh sig 0,044 karena sig (0,044) maka < 0,005. Dengan kriteria pengujian ,Jika sig ≥ 0,05 maka H0 diterima,Jika sig < 0,05 maka H0 ditolak. Karena sig < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dari hasil tersebut bahwa Ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan minat belajar pendidikan kewarganegaraan  siswa  kelas  XI di SMA Negeri 1 Dongko Kabupaten Trenggalek  Tahun ajaran 2020/2021.

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Awalludin. 2008. Statistika Pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.

Goleman, Daniel. 2016. Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional, (Alih bahasa, T. Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, (https://books.google.co.id), diakses pada tanggal 6 maret 2021.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Undang-Undang 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 37.

Winarno. 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi dan Penilaian. Jakarta: Bumi Aksara

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Setyo Dwi Santoso Setyo Dwi Santoso, Bahrul Sri Rukmini