PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM BELAJAR DARING LURING TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN PKN
Keywords:
Persepsi, Belajar Daring dan Luring, Pelaksanaan PembelajaranAbstract
Belajar merupakan usaha yang terencana dalam upaya mengembangkan potensi-potensi yang sudah ada dalam diri seseorang sejak lahir. Pembelajaran daring dan luring sekarang ini dilaksanakan dalam masa new normal yang bertujuan untuk mendukung skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Untuk mendapatkan gambaran dan hasil penelitian yang maksimal penulis melakukan penelitian pada SMAN Negeri I Bendungan Kabupaten Trenggalek, dengan obyek penelitian seluruh siswa kelas XI Semester II, sejumlah 54 siswa (penelitian populasi). Data diperoleh dengan menyebarkan angket untuk mengetahui persepsi siswa tentang pembelajaran daring dan lurng (variabel bebas) dan pelaksanaan pembelajaran PKn (variable bebas). Setelah data terkumpul, dianalisis dengan uji korelasi product moment, untuk mengetahui pengaruhnya. Setelah dilakukan analisis data diketahui adanya pengaruh yang signifikan dengan nilai pearson correlation = 0,604 dan dikonsultasikan dengan nilai r tabel = 0,423 dengan taraf kepercayaan 95%. Dengan hasil tersebut, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Disimpulkan ada pengaruh persepsi siswa dalam belajar daring dan luring terhadap pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PKN Kelas XI semester II di SMA Negeri 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021.
Downloads
References
Anshari, Nadzirin Nur M. 2020. Mendadak E-Learning. https://www.kompasiana.com/nadzirin/5e9cf2d1097f364d404c2813/mendadak-e-learning. Diakses 2 Juni 2021
Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ghozali (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBS SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, MS & Simarmata, Janner & Sudirman, Acai. (2019). ELearning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Nuryana, A, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.
https://kabar-priangan.com. Diakses 5 Juli 2020
Prabowo, Merdianto. 2020. Persepsi Siswa Kelas XII Terhadap Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Penjasorkes Pada Masa Pandemic Covid-19 di SMAN 1 Bintan Timur Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020. Prodi Penjasorkes FIK Universitas Negeri Yogyakarta
Rahmat, J. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan ke5. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sunendar, Dadang, dkk. (Tim Penyusun KBBI Edisi Kelima). (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahyuni, Dwi.2019.Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi terhadap Pembelajaran Daring di Universitas Muhammadiyah Makasar. Skripsi. Tidak diterbitkan
Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Erik Agung Utomo Erik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.