PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM BELAJAR DARING LURING TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN PKN
PDF

Keywords

Persepsi, Belajar Daring dan Luring, Pelaksanaan Pembelajaran

How to Cite

Erik Agung Utomo, & Yudi Setiyono. (2021). PENGARUH PERSEPSI SISWA DALAM BELAJAR DARING LURING TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PELAJARAN PKN . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(2), 113–119. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/119

Abstract

Belajar merupakan usaha yang terencana dalam upaya mengembangkan potensi-potensi yang sudah ada dalam diri seseorang sejak lahir. Pembelajaran daring dan luring sekarang ini dilaksanakan dalam masa new normal yang bertujuan untuk mendukung skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Untuk mendapatkan gambaran dan hasil penelitian yang maksimal penulis melakukan penelitian pada SMAN Negeri I Bendungan Kabupaten Trenggalek, dengan obyek penelitian seluruh siswa kelas XI Semester II, sejumlah 54 siswa (penelitian populasi). Data diperoleh dengan menyebarkan angket untuk mengetahui persepsi siswa tentang pembelajaran daring dan lurng (variabel bebas) dan pelaksanaan pembelajaran PKn (variable bebas). Setelah data terkumpul, dianalisis dengan uji korelasi product moment, untuk mengetahui pengaruhnya. Setelah dilakukan analisis data diketahui adanya pengaruh yang signifikan dengan nilai pearson correlation = 0,604 dan dikonsultasikan dengan nilai r tabel = 0,423 dengan taraf kepercayaan 95%. Dengan hasil tersebut, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak. Disimpulkan ada pengaruh persepsi siswa dalam belajar daring dan luring terhadap pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran PKN Kelas XI semester II di SMA Negeri 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2020/2021.

PDF

References

Anshari, Nadzirin Nur M. 2020. Mendadak E-Learning. https://www.kompasiana.com/nadzirin/5e9cf2d1097f364d404c2813/mendadak-e-learning. Diakses 2 Juni 2021

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ghozali (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBS SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, MS & Simarmata, Janner & Sudirman, Acai. (2019). ELearning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Nuryana, A, N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.

https://kabar-priangan.com. Diakses 5 Juli 2020

Prabowo, Merdianto. 2020. Persepsi Siswa Kelas XII Terhadap Pembelajaran Daring Dalam Mata Pelajaran Penjasorkes Pada Masa Pandemic Covid-19 di SMAN 1 Bintan Timur Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020. Prodi Penjasorkes FIK Universitas Negeri Yogyakarta

Rahmat, J. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan ke5. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sunendar, Dadang, dkk. (Tim Penyusun KBBI Edisi Kelima). (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni, Dwi.2019.Persepsi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi terhadap Pembelajaran Daring di Universitas Muhammadiyah Makasar. Skripsi. Tidak diterbitkan

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Erik Agung Utomo Erik