PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERKARAKTER UNTUK MENUMBUHKAN NILAI-NILAI PEDULI SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI
PDF

Keywords

Buku Cerita
Pendidikan Karakter
Pendidikan Nilai

How to Cite

Sofiardi, I., Wardhani, I. S. K., & William, N. (2022). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERKARAKTER UNTUK MENUMBUHKAN NILAI-NILAI PEDULI SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(1), 16–29. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.284

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan buku cerita berkarakter serta menguji keefektifan media tersebut pada kelas lima di sekolah dasar. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah sampel dengan teknik non probability sampling dengan purposive sampling. Subjek yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa kelas tiga SDN 2 Sengon. Sedangkan instrumen yang dipakai dalam penelitian ini diantaranya adalah tes, angket, observasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Untuk menghitung nilai pada data kuantitatif yakni menggunakan independent sample t-test dengan bantuan software SPSS 25.0. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan buku cerita berkarakter valid dan efektif untuk meningkatkan pemahaman materi pendidikan karakter peduli sosial dan tanggung jawab kelas lima di sekolah dasar. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil uji satu sampel bahwa terdapat peningkatan pengaruh pemahaman materi pendidikan karakter peduli sosial dan tanggung jawab sesudah penggunaan media buku cerita pada siswa kelas lima sekolah dasar dengan menggunakan nilai hasil posttest. Hasil rata-rata nilai posttest adalah76,35 dengan nilai tertinggi 92,5 dan nilai terendah 50. Peneliti dapat menyimpulkan media efektif digunakan karena lebih dari 80% siswa kelas V saat melaksanakan uji posttest mendapatkan nilai diatas KKM yang sudah ditentukan. Hasil uji hipotesis menggunakan uji One Sample t-test dengan bantuan statistik SPSS 25.0 dengan hasil Sig. (2-tailed) 0,041 lebih kecil dari < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang berarti media buku cerita berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar kelas V.

https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.284
PDF

References

Abidin, Zainul. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1 (1), 10-16.

Arikunta, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Renika Cipta: Jakarta.

Daryanto., Daryatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta:Grava Media

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4 (2), 99-108.

Indriyani, Lemi. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2 (1): 17-28.

Made, Tegeh., Nyoman, Jampel., Ketut, Pudjawan. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model ADDIE, (Online). https://eproceeding.undiksha.ac.id/ (diakses tanggal 01 Mei 2021)

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. PT. Prestasi: Jakarta

Nurita Teni, Misykat.( 2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 3(1), 203-214.

Purwani, Rina.(2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Karakter Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Sd Kelas IV. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. 8(2) 180-194

Rahim, Farida. (2017). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohmah, Galuh Nur.(2006). Nilai Cerita Anak dan Kesusastraan dalam Menciptakan Pendidikan Humanis bagi Anak Indonesia. Artikel dalam Jurnal Lingua, 1(1), 90-101.

Salahudin, Alkrienciehie. (2017). Pendidikan Karakter.Bandung:CV Pustaka Setia

Samani., Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta: Bandung

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Indama Sofiardi, Intan Susetyo Kusuma Wardhani, Nanda William