Abstract
Membaca puisi merupkan salah cara berekpresi dalam bidang sastra setelah melewati proses apresiasi. Membaca puisi harus memperhatikan keindahan pengucapan, frasa dan penuh penghayatan tidak hanya sekedar membaca tanp memperhatikan irama. Pada saat ini kebanyakan siswa masih kurang kepercayaan diri dalam membaca puisi, siswa kurng menghayati puisi yang sedang dibaca. Hal ini yang menjadi dasar penelitian ini dilakukan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas 4 SDN 1 Watuagung masih banyak siswa yang belum bisa membaca puisi dengan kaidah yang benar. Ada beberapa siswa membaca puisi dengan suara yang tidak jelas, serta dalam pelafalan, penghayatan serta mimik yang kurang maksimal. Banyak faktor yang mempengaruhi siswa dalam membaca puisi salah satu faktor utamanya adalah siswa masih kurang terarah dalam membaca puisi dikarenakan masih kurangnya rasa kepercayaan diri. Oleh karena itu salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunkan media video turtorial untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi. Metode penelitian yng digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kuantitatif , dengan populasi penelitian yang diambil adalah seluruh siswa SDN 1 Watuagung dengan sampel yang diambil oleh peneliti adalah siswa kelas 4 dengan jumlah 20 siswa. Data diperoleh dalam penelitian berdasarkan data observasi keterampilan membaca puisi. kemudian dari hasil observasi tersebut selajutnya dilakukan analisis data dengan uji T-test, untuk mengtahui adakah pengaruh media pembelajaran video turtorial untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa. Setelah dilakukan analisis uji T-test dapat diketahui bahwa ada perbedaan cara membaca puisi. hal ini diperkuat dengan bilai Thitung sebesar 2.580 dengan Ttabel 2.048, sehingga diperoleh hasil T hitung > T tabel atau 2.580 > 2.048 yang mengakibatkan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran video turtorial untuk meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa sekolah dasar.
References
Aminuddin. (2013). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Anif, S. L., & Fathurohman, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Dengan Eksperimentasi Model Circ Bermedia Video Pembacaan Puisi Pada Siswa Kelas V SD 1 Tritis Jepara. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 65-80
Aprilia, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Modeling The Way Kelas III Mi Muhammadiyah 13 Sendang Lamongan [UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilip.uinsby.ac.id/id/eprint/27809
Arikunto. (2019). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Ashar, A. (2013). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.
Binol, Y. M., Karim, A., & Efendi, E. (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Teknik Pemodelan Siswa Kelas Iv Sdn 05 Bunobogu. Jurnal Kreatif Online, 5(4).
Iswara, P. D. (2016). Pengembangan Ajar Keterampilan Mendengarkan Dan Membaca. 3(1), 89–97. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2359
Pane, Dkk. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. Doi: Https://Doi.Org/10.24952/Fitrah.V3i2.945
Pitaloka, A., & Sundari, A. (2020). Seni Mengenal Puisi. Guepedia.
Sari, I. F. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Kolaborasi Quantum Learnng Dan Aplikasi Schoology Pada Siswa Kelas X-Tkr1 Smkn Sugihwaras Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Edutama. Online) Http://Repository.Ikippgribojonegoro.Ac.Id/Id/Eprint/831.
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. Tanggap, 2(2), 92-109. DOI: https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Yola, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Membaca Puisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MI Ahliyah 4 Palembang [UIN Raden Fatah Palembang]. http://repositoy.radenfatah.ac.id/id/eprint/5678

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Teguh Gugun Riyanto, Nanda William, Intan Susetyo Kusumo Wardhani