NEWMAN ERROR ANALYSIS (NEA) DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI POLYA SOAL CERITA BERTIPE HOTS MATERI VOLUME BALOK SISWA KELAS V SDN 2 TANGGULWELAHAN

Authors

  • Kiky Putrieny Kampus
  • Rahyu Setiani Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v9i2.512

Abstract

Siswa kelas V SDN 2 Tanggulwelahan mengalami permasalahan dalam pembelajaran matematika yaitu pada saat dihadapkan dengan soal cerita yang memerlukan penerapan konsep pemecahan masalah terutama dalam soal cerita bertipe HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Newman’s Error Analysis (NEA) dalam pemecahan masalah berdasarkan teori Polya soal cerita bertipe HOTS materi volume balok siswa kelas VSDN 2 Tanggulwelahan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data melalui tes yang dikerjakan siswa sejumlah empat soal, observasi pada saat siswa mengerjakan soal, wawancara pada siswa yang telah menyelesaikan soal dan dokumentasi disaat siswa mengerjakan soal. Instrumen yang digunakan berupa tes soal cerita bertipe HOTS materi volume balok, pedoman observasi dan pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Instrument penelitian tersebut digunakan untuk mengetahui Newman’s Error Analysis (NEA) dalam pemecahan masalah berdasarkan teori Polya soal cerita bertipe HOTS yang dikerjakan siswa. Hasil penelitian subjek penelitian dengan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan teori Polya dengan kualifikasi tingkat kemampuan sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang yaitu kesalahan membaca (reading error) sebanyak 0%, kesalahan memahami masalah (comprehension error) sebanyak 45%, kesalahan transformasi masalah (transformation error) 65%, kesalahan keterampilan proses (process skill error) sebanyak 65%, kesalahan penulisan jawaban (encoding error) sebanyak 70%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kesalahan paling dominan yang dilakukan oleh subjek penelitian adalah kesalahan penulisan jawaban (encoding error) yaitu mencapai 70%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128.

Ariyani, W. (2019). Analisis Kesalahan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Berdasarkan Newman ’ s Error Analysis (NEA). Journal of Matehematical Science and Mathematical Education, 01(01), 55–64. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/pmat/article/view/5067.

Gumilang Tricahyo. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas Vii Smp N 1 Bringin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 44–47. http://jurnal.um- tapsel.ac.id/index.php/eksakta/article/view/1258.

Hadi, F. R. (2021). Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Hots Matematika Berdasarkan Teori Newman. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 43. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4358.

Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (2022). Karakteristik HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 4(1), 49–55.

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. Jurnal PARADIKMA, 8(1l), 37–51.

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8.

Leonisa, I., & Soebagyo, J. (2022). Strategi Siswa dan Langkah Polya dalam Penyelesaian Masalah Matematis Berbasis HOTS. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 77–86.

Pratiwi, F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Hots ( Higher Order Thinking Skill ) Menggunakan Prosedur Newman Mutmainnah 1 , Sadaruddin 2, Mariyani 3 ,. Prosiding Seminar Nasional Mipati, 1(1), 148–154.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm.

Rizqiani, R. S. (2022). Newman’s error analysis (nea) dalam pemecahan masalah berdasarkan teori polya soal cerita bertipe hots materi bangun ruang siswa kelas v sd negeri 03 karangtalun. 8(September), 108–115.

Rohim Dhina. (2019). Strategi Penyusunan Soal Berbasis HOTs pada Pembelajaran. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 436–446.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Sugiyono, 2018 Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian yang bersifat: Eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. (S. Y. Suryandari, Ed) (Cetakan kedua). Bandung: Alfabeta.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144.

Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (M. S. Dr. Patta Rapanna, SE. (ed.); 1st ed., Vol. 4, Issue 1). Syakir Media Press.

Downloads

Published

2023-09-14

How to Cite

Putrieny, K., & Setiani, R. . (2023). NEWMAN ERROR ANALYSIS (NEA) DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI POLYA SOAL CERITA BERTIPE HOTS MATERI VOLUME BALOK SISWA KELAS V SDN 2 TANGGULWELAHAN. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(2), 63–71. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i2.512