NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI POLYA SOAL CERITA BERTIPE HOTS MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI 03 KARANGTALUN

Authors

  • Isna Rizqiani UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI
  • Rahyu Setiani Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.390

Keywords:

NEA, Teori Polya, Materi Bangun

Abstract

Siswa kelas V SDN 03 Karangtalun mengalami permasalahan pembelajaran matematika yaitu adanya kesalahan ketika memecahkan permasalahan soal cerita HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Newman’s Error Analysis (NEA) dalam pemecahan masalah berdasarkan teori Polya soal cerita bertipe HOTS materi bangun ruang siswa kelas V SD Negeri 03 Karangtalun Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa tes soal cerita bertipe HOTS materi bangun ruang, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Instrumen penelitian tersebut digunakan untuk mengetahui Newman’s Error Analysis (NEA) dalam pemecahan masalah berdasarkan teori Polya soal cerita bertipe HOTS yang dilakukan siswa. Hasil penelitian subjek penelitian dengan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan teori Polya dengan kualifikasi tingkat kemampuan sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang yaitu kesalahan membaca (reading error) sebanyak 0%, kesalahan memahami masalah adalah sebesar 50%, kesalahan transformasi (transformation errors) dengan total keseluruhan presentase sebesar 65%, kesalahan keterampilan proses (process skill error) dengan total keseluruhan presentase sebesar 60%, kesalahan dalam penulisan jawaban akhir (encoding error) dengan total keseluruhan presentase sebesar 50%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kesalahan paling dominan yang dilakukan yaitu pada indikator kesalahan transformasi (transformation errors) yaitu mencapai 65%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryanti, P. (2016). Newman ’ S Error Analysis ( NEA ) Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SD Negeri Dukuhturi 01 Kecamatan Bumiayu Tahun Pelajaran 2015 / 2016 satu materi geometri pada pembelajaran matematika Semester Ganjil tahun pelajaran 2015 / 2016 SD Negeri sebagaian bes. Dialektika P. Matematika, 3(2), 44–51.

Budhi, W. S. (2015). Berpikir Matematis: Matematika untuk Semua. Jakarta: Erlangga.

Islamiyah, A. C., & Prayitno, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, 4185, 66–76. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035

Labibah, N., Damayani, A. T., & Sary, R. M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Pecahan Kelas V Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 208–216.

Nurdiana Hidayanti, E., Setia wardana, M. Y., & Prima Artharina, F. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah- Langkah Polya Pada Siswa Kelas III SD Negeri Muntung Temanggung. Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, & Sastra, 2(1), 36–42.

Purba, D., & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25–31. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Rahmawati, dkk. (2020). Pengembangan dan Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Melalui Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Rapih, S., & Sutaryadi, S. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 78. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2560

Rokhimah, S. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmetika Sosial Kelas VII Berdasarkan Prosedur Newman. Jurusan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Suciati, I. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada operasi hitung pecahan siswa kelas v sdn pengawu, 1, 17–29.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Untuk penelitian yang bersifat : eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. (S. Y. Suryandari, Ed.) (Cetakan ke). Bandung: Alfabeta.

Utami, R. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Langkah Penyelesaian Berdasarkan Polya dan Krulik-Rudnick Ditinjau dari Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 82–98.

V.A.N. Ariawan, I. M. P. (2017). Eksplorasi Kemampuan Siswa Kelas IV Sekolah, 6(1), 82–95.

Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, 2(1), 105–126.

Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakansoal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016, 1(2).

Downloads

Published

2022-10-03

How to Cite

Rizqiani, I. ., & Setiani, R. . (2022). NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DALAM PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI POLYA SOAL CERITA BERTIPE HOTS MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SD NEGERI 03 KARANGTALUN . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 108–115. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.390