PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN SECARA VEGETATIF MELALUI METODE DEMONSTRASI

Versions

Keywords

prestasi belajar, perkembangbiakan vegetatif, demonstrasi

How to Cite

SUKATMI, S. (2021). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN SECARA VEGETATIF MELALUI METODE DEMONSTRASI . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(1), 18–25. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/dewantara/article/view/89 (Original work published March 31, 2021)

Abstract

Pembelajaran dengan metode penugasan klasikal tidak menjadikan siswa aktif dan kreatif karena sebagian siswa hanya mencontoh pekerjaan teman. Dengan demikian siswa tidak memperoleh pengalaman belajar serta tidak memperoleh kompetensi terhadap materi pelajaran sehingga banyak nilai siswa berada di bawah stanndar kompetensi minimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada mata  pelajaran IPA dengan materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetative dengan metode demonstrasi sebagai upaya peningkatan standar kompetensi minimal.  Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif  melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SDN Pandean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek? Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran yang objektif tentang peningkatan hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif  melalui metode demonstrasi pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SDN Pandean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Pandean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 14 siswa. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus ini antara lain 1) Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 72.86, pada siklus II sebesar 80.71. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 7.85. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 71.43%, sedangkan pada siklus II sebesar 92.86, terjadi peningkatan sebesar 21.43%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif pada siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2019/2020 di SDN Pandean Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta :

Rineka Cipta.

Dewiki, Santi dan Sri Yuniati. P.K.H. 2006. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka

Cipta.

Munandar, Utami. 2004. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta:

Gramedia

Nasution, S. 2002. Metode Researhc Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto,Ngalim. 1988 Psikologi Pendidikan, Jakarta: Remaja Rosda Karya,

Suprijono, Agus, 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta:

Pustaka Pelajar

Syah, Muhibin .2000. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja

Rosdya Karya

Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Reneka Cipta

Wiriaatmadja, Rochiati.2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas: untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen, Bandung: Remaja Rosdakarya

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 SUKATMI SUKATMI