Minat Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang Terhadap Perkuliahan Secara Daring Pada Masa New Normal
PDF

Keywords

Minat Mahasiswa
New Normal
Perkuliahan

How to Cite

Saputro, A. A. (2021). Minat Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang Terhadap Perkuliahan Secara Daring Pada Masa New Normal. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 42–48. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/penjaga/article/view/136

Abstract

Perkuliahan mengalami perubahan selama periode  selama pandemi Covid 19 dan pada masa New Normal, sehingga menjadi penting untuk  mengetahui minat mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan pada masa New Normal Covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat mahasiswa terhadap perkuliahan daring pada Masa New Normal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket yang diberikan kepada mahasiswa, dari beberapa pernyataan yang akan diisi oleh mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2019 dan 2020 jurusan S1 Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang yang terdiri dari 264 mahasiswa. Sampel dalam penelitian diambil sebanyak 15% dari setiap angkatan dan menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel berjumlah 40 orang mahasiswa. Untuk mengukur variabel minat mahasiswa maka digunakan instrumen penelitian berupa angket, sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini mengkungkapkan bahwa minat mahasiswa terhadap perkuliahan secara daring pada masa New Normal di STKIP PGRI Jombang termasuk ke dalam klasifikasi baik dengan persentase minat perkuliahan 76%. Jadi dapat disimpulkan bahwa minat mahasiswa dalam penelitian ini berada dalam kategori baik.

PDF

References

Depiyanti, O. M. (2014). Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School (Studi Deskriptif pada SD Cendekia Leadership School, Bandung). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 1(2), 132. https://doi.org/10.17509/t.v1i2.3769

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Mahasiswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 47. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9594

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Perkuliahan Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Kelas, P., Universitas, F., & Oleo, H. (2020). Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Evaluasi Perkuliahan Penjas. 27, 25–33.

Komarudin, & Prabowo, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), 26(2), 56–66.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Nurrohim, N. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Terhadap Perkuliahan Daring Mata Pelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid- 19 Kecamatan Purwanegara 2020. Journal of Physical Activity and Sports, 1(1), 133–146.

Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Mahasiswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Mahasiswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Perkuliahan Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. https://www.researchgate.net/publication/340917125_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jarak_Jauh_PJJ_dalam_Masa_Pandemi/stats

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Perkuliahan Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Mahasiswa Dalam Mengikuti Perkuliahan Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.

Siyoto, Sandu & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metode Penelitian. Literasi Media Publishing. Tengah, L. (2020). Hubungan Minat Belajar Ipa Mahasiswa Kelas V Sd Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selama Perkuliahan Daring. Progres Pendidikan, 1(September), 72–79.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Arnaz Anggoro Saputro