Motivasi Mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang Dalam Mengikuti Perkuliahan Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.55933/pjga.v2i1.259Keywords:
Motivasi, Perkuliahan, Pandemi Covid-19Abstract
Adanya pandemi Covid-19 yang melanda masyarakat Indonesia mengharuskan masyarakat untuk melaksanakan semua kegiatan dari rumah termasuk kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar di masa pandemi dilaksanakan dengan pembelajaran daring. Namun pada proses pelaksanaannya pembelajaran daring tidak dapat berjalan dengan maksimal dan mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang dalam mengikuti perkuliahan selama pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Jasmani STKIP PGRI Jombang dengan jumlah keseluruhan 210 orang. Sampel penelitian ini menggunakan non random sampling yaitu quota sampling dengan besaran 25% dari total populasi sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 52 orang. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan kategori interval. Hasil penelitian ini adalah dari 52 mahasiswa sebanyak 19 orang berkategori sangat tinggi, 27 orang berkategori tinggi, 5 orang berkategori sedang, 1 orang berkategori rendah. Hasil penelitian mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan selama pandemi Covid-19 mendapat skor rata-rata 58 dalam skala kategori tinggi. Maka, bisa disimpulkan motivasi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan selama pandemi Covid-19 berkategori tinggi. Studi ini memberikan implikasi praktis sebagai tolak ukur penilaian yang dosen laksanakan dalam perkuliahan.
Downloads
References
Ardan, M., Rahman, F. F., & Geroda, G. B. (2020). The influence of Physical Distance to Student Anxiety on COVID-19, Indonesia. Journal of Critical Reviews, 7(17), 1126–1132. https://doi.org/10.31838/jcr.07.17.141
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learninf di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 5(1),16–28. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630
Bellina, S., Cahyaningrat, C. T. T., & Putri, A. S. T. (2020). Dampak Karantina Wilayah terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal IlmiahDunia Hukum, 5(1), 18–30.
Bhetherem, I. M., Mahardika, I. M. S. U., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Tingkat Motivasi dan Model Aktivitas Jasmani Siswa dan Guru SMAN 2 Sumenep di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 499–455. https://doi.org/10.36312/jime.v6i2.1455
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, Sari Putri Deta. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654
Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8.
Jauhar, M. N., Sambira, & Zakiah, Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhapad Pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di sekolah luar biasa. Journal STAND: Sports and Development, 1(1), 63– 70. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i1.2594
Mandailina, V., Syaharuddin, Pramita, D., Ibrahim, & Haifaturrahmah. (2021). Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 03(02), 120–129. https://doi.org/https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.955
Nuraini, N. L. S., & Laksono, W. C. (2019). Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(2), 115–124. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p115
Riyoko, E. (2019). Motivasi Siswa Sekolah Menengan Pertama dalam Pembelajaran Atletik. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(2), 91–95. https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i1.2463
Utami, S., & Hardiman, F. B. (2021). Analisis Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah dengan Kurikulum Asing: Sebuah Studi Kasus Sekolah Xyz [An Analysis of Indonesian Language Learning Motivation Using Foreign Curriculum: A Case Study at School Xyz]. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 17(2), 251–268. https://doi.org/10.19166/pji.v17i2.2639
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Arnaz Anggoro Saputro, Yully Wahyu Sulistyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.