Pengaruh Latihan Drilling Umpan Lempar Terhadap Pukulan Lob Forehand Peserta Didik Pada Pembelajaran Bulutangkis Kelas IV MI Jayan Karangan

Authors

  • Ahmad Muhtadis STKIP PGRI Trenggalek
  • Khamim Hariyadi STKIP PGRI Trenggalek
  • Bayu Nugraha Murdiyansah STKIP PGRI Trenggalek

Keywords:

Bulutangkis, Drilling Umpan Lempar, Pukulan Forehand

Abstract

Latihan drilling umpan lempar adalah latihan teknik pukulan lob forehand yang dilakukan dengan cara memberikan umpan lemparan shuttlecock ke atas depan kepala peserta didik secara berulang-ulang. Pukulan lob forehand merupakan pukulan yang dilakukan dengan melambungkan shuttlecock setinggi mungkin ke daerah belakang lapangan lawan sebagai usaha bertahan maupun menyerang dengan menggunakan pegangan forehand dan dalam posisi pukulan yang dominan. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui pengaruh dari metode latihan drilling umpan lempar tehadap hasil pukulan lob forehand peserta didik pada pembelajaran bulutangkis. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model pre-experimental design dengan desain one grub pretest-posttest design dan memberikan treatment untuk mengetahui hasil peningkatan yang dihasilkan peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 12 siswa. Data diperoleh melalui kegiatan pretest dan posttest yang dilakukan kepada peserta didik kelas IV MI Jayan Karangan. Hasil analisis data diketahui bahwa uji normalitas pretest 0,522 > 0,05 dan posttest 0,182 < 0,05), uji homogenitas nilai p (sig.) 0,678 > 0,05 dan hasil uji t menunjukkan bahwa t 5,758 > t = 2,228, dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel penelitian berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t menunjukkan bahwa Ha
(12) diterima atau proses treatment memberikan pengaruh yang signifikan sebesar 56,15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian treatment latihan drilling umpan lempar berpengaruh tehadap hasil pukulan lob forehand peserta didik pada
pembelajaran bulutangkis kelas IV MI Jayan Karangan. Dan memberikan pengaruh sebesar 56,15% dibandingkan sebelum dilakukan treatment. Mengingat pentingnya pendidikan jasmani sebagai sarana untuk untuk meningkatkan keterampilan dan semangat belajar, maka pihak terkait diharapkan lebih memberikan fasilitas agar dapat menunjang kegiatan pembelajaran penjasorkes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah E, Pratama, H.G, Sulendro, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tentang isyarat- isyarat wasit bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan Development of application-based learning media about the cues of volleyball referees at SMA Negeri 2 Karangan. Journal Of Physical Activity, 1(2), 60–72.

Budiwanto, S. Rahayuni, K. S. (2016). Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Pukulan Forehand Overhead Stroke Menggunakan Metode Latihan Berulang (Drilling) Umpan Lempar. Motion: Jurnal Research Physical Education, 7(1), 107–118.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud, No. 67 Tahun 2013. tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Retrieved from https://lldikti12.ristekdikti.go.id/2013/06/28/permendikbud-tentang-kerangkadasar-dan-struktur-kurikulum-tahun2013.html

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga (1st ed.). Surabaya: Unesa University Press.

Pratama, H. . (2016). Pengaruh Power Tungkai dan Kekuatan Lengan Terhadap Kemampuan Standing Jump Shoot dan Quick Jump Shoot.

Pendidikan Dewantara, 2(2), 127–140. Retrieved from http://journal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article/view/82

Putra, R. E., & Fudin, M. S. (2019). Development of Football Bowling Game for Football Learning Approaches. Active Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 8(3), 143–147.

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Santoso, W. B., & Hariyadi, K. (2020). Pengembangan Media Gawang Ayun Badaspa Dalam Pembelajaran Sepakbola Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sugihan. Kejaora, 5(1), 57–65.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Susilowati, E., Santoso, S., & Hamidi, N. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar

Akuntansi. Jupe UNS, 1(3), 1–11. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2563

Wardanis, A. R. Pratama, H. G. (2020). Keterampilan Bermain Tim Putra Bola Basket SMP NEGERI 2 Trenggalek Pada Event SMA NEGERI 1 Durenan CUP 2019. Kejaora, 5(1), 32–40. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.840

Downloads

Published

2020-11-20

How to Cite

Muhtadis, A., Hariyadi, K., & Murdiyansah, B. N. (2020). Pengaruh Latihan Drilling Umpan Lempar Terhadap Pukulan Lob Forehand Peserta Didik Pada Pembelajaran Bulutangkis Kelas IV MI Jayan Karangan. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 16–24. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/penjaga/article/view/60