Pengembangan Media Peluru Karkas (Karet Bekas) Dalam Pembelajaran Tolak Peluru di SDN 1 Kelutan

Authors

  • Hendra Ariyanto STKIP PGRI Trenggalek
  • Khamim Hariyadi STKIP PGRI Trenggalek

Keywords:

Pengembangan Media Peluru Karkas, Pembelajaran Tolak Peluru

Abstract

Latar belakang penelitian ini bersumber dari hasil analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti, guna memperoleh gambaran sejauh mana penggunaan sarana dan prasarana yang ada disekolah, utamanya dalam praktek tolak peluru. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media peluru agar mempermudah proses pembelajaran di lapangan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. (1) melakukan analisis produk yang akan di kembangkan dari hasil analisis kebutuhan. (2) perencanan pembuatan produk sesuai dengan permasalahan yang ada di lapangan. (3) mengembangkan produk sesuai apa yang sudah direncanakan dalam tahap desain. (4) menerapakan pengembangan media peluru kedalam uji coba kelompok kecil (10 siswa) dan uji coba kelompok besar (31 siswa) dengan mengunakan kuesioner tertutup. (5) membuat kesimpulan berdasarkan hasil penelitian pengembangan media peluru karkas (karet bekas). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar evaluasi ahli (ahli media pembelajaran dan ahli pembelajaran pendidikan jasmani), uji coba awal (10 siswa), dan uji coba utama (31 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap kelayakan pengembangan media peluru karrkas dalam pembelajaran tolak peluru pada siswa kelas V di SDN 1 Kelutan. Hasil dari validasi ahli media I 68% (Kuat), validasi ahli media II 89% (sangat kuat), validasi ahli media III 95% (sangat kuat), dan Validasi ahli pembelajaran pendidikan jasmani 95% (sangat Kuat). Dilakukan uji coba awal jumlah 10 siswa memperoleh prosentase 80% (kuat), uji coba utama dengan 31 siswa memperoleh presentase 81% (sangat kuat). Sehingga pengembangan media peluru karkas layak digunakan dalam pembelajaran tolak peluru pada siswa kelas V di SDN 1 Kelutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Branch, M. . (2009). Instructional Design : The ADDIE Aproach (1st ed.). New York: Springer.

Fudin. M.S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lari Jarak Pendek denganPendekatan Permainan Tani dan Kancil. Jurnal Bravo’s, 4(1), 27–40.

Mukholid, A. (2016). Penjasorkes pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (2nd ed.). Bogor: Yudhistira.

Riduwan. (2008). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian (Warsiman, ed.). Bandung: Alfabeta.

Santoso, W. B., & Hariyadi, K. (2020). Pengembangan Media Gawang Ayun Badaspa Dalam Pembelajaran Sepakbola Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sugihan. Kejaora, 5(1), 57–65.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Wiarto, G. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Laksitas.

Winarno, M. E. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani (2013th ed.). Malang: UM Press.

Downloads

Published

2020-11-20

How to Cite

Ariyanto, H., & Hariyadi, K. (2020). Pengembangan Media Peluru Karkas (Karet Bekas) Dalam Pembelajaran Tolak Peluru di SDN 1 Kelutan. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 25–29. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/penjaga/article/view/61