Abstract
Media pembelajaran merupakan sebuah perangkat untuk kegiatan belajar mengajar yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk mempermudah penyampaian materi adalah media pembelajaran audio visual (video) yang dapat memberikan informasi yang menampilkan suara dan gambar, serta dapat dijadikan sebagai alternatif dalam mengoptimalkan proses pembelajaran terlebih pada pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Pademangan Barat 11 Jakarta Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional, yaitu untuk mengetahui hubungan antara media pembelajaran audio visual dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV, data hasil penelitian diperoleh dari angket respon siswa dalam penggunaan media pembelajaran audio visual, dan dari tes hasil belajar IPA siswa. Hasil penelitian didapat koefesien korelasi antara variabel X dan Y sebesar 0,703 berada pada kategori kuat, dengan ketentuan rhitung > rtabel (0,703 > 0,349) dengan p-value (0,000 < 0,05), dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara media audio visual dengan hasil belajar IPA.
References
Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Asmoro, B. P., & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan Rasa Ingin Tahu Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Model Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas VA Sekolah Dasar Negeri Karangroto 02. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 115–142.
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231–238.
Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (B. S. Fatmawati (ed.)). PT Bumi Aksara.
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576
Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153–164.
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif (C. Anwar (ed.); 1st ed.). Zifatama Publisher. https://books.google.co.id/books?id=TP_ADwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=teknik+pengumpulan+data&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwir0426xpDvAhWFbysKHV_DAu8Q6AEwAXoECAUQAg#v=onepage&q=te knik pengumpulan data&f=false
Ninawati, M., & Husain, Z. M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS MICROSOFT POWER POINT SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 38–48.
Rahayu, S. (2019). PROBELMATIKA DALAM PEMBELAJARAN IPA. INDOCAMP. Sekaringtyas, T. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa SDN Sukatani IV. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 159–171.
Septiana, R., Gani, R. A., & Elizabeth, Y. (2019). Hubungan kreativitas belajar siswa dengan hasil belajar ilmu pengetahuan alam. PROCEEDINGS-OPEN ACCESS JOURNAL, 1(01), 6–10.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sobron, A. N., Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. PT.Alfabet.
Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1).
Winarsunu. (2010). Statistik Dalam Penelitian Psikologi Pendidikan. UMM Press.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Mimin Ninawati, Rahmiati, Nur Wahyuni