PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS MICROSOFT POWER POINT SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Pengembangan
Aplikasi Power Point
Perubahan wujud benda cair

How to Cite

Zulfadewina, Ninawati, M., Rahmiati, & Husain, Z. M. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS MICROSOFT POWER POINT SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 38–48. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/41

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Microsoft Power Point materi mengenal sifat benda cair mata pelajaran IPA siswa kelas 5 SD. Penelitian ini masuk ke dalam jenis penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode 4D dengan empat langkah, yaitu: 1) tahap define (pendefinisian), 2) tahap design (perancangan), 3) develop (pengembangan), 4) dissiminate (penyebaran). Tempat penelitian ini adalah di SD. Subjek uji coba diterapkan kepada 32 peserta didik kelas V A di SD tersebut. Pengumpulan data melalui lembar angket ahli media, materi, dan respon siswa. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif berupa hasil penilaian ahli dan respon siswa dan kualitatif deskriptif. Produk hasil pengembangan yaitu media pembelajaran berbasis microsoft power point  Materi Perubahan Wujud Benda Cair. Berdasarkan validasi ahli materi memperoleh skora rata-rata adalah 94% dan mempunyai kategori sangat layak. Pada  validasi ahli media menunjukkan skor rata-rata 85% dan berkategori sangat layak. Kemudian respon diperolehrata-rata skor 77% atau masuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil perolehan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Aplikasi Microsoft Power Point pada materi perubahan wujud benda cair ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA.

PDF

References

Andriani&Wahyudi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Jurnal Scholaria, Vol. 6, No.1, Januari 2016.

Asmadji, H. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas V C SDN Ketapang I Surabaya, 1(14).

Fadillah, M. R. & Ninawati, M. (2020). Pengembangan media pop up book berbasis kontekstual pada materi perkembangbiakan hewan kelas VI SDN Anyelir 1 Depok. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7 (2), hlm 89-98. DOI: 10.25134/pedagogi.v7i2.3532.

Khoir, A. (2008). Kesulitan Belajar Sains: Studi Pada Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Sains Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Jatimulya Kabupaten Bekas. Turats. 4. 1-21.

Mahnun. N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran).Jurnal Pemikiran, Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012

Mulyana, A. (2020). Penelitian Pengembangan (Research And Development) Pengertian, Tujuan dan Langkah-langkah R&D.

Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 68–78. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747.

Prihatin, Y. (2017). Problematika Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sastranesia, 5(3).

Puspita,A. M. I.Puspitaningsih, F.& Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.Tanggap: Jurnal Riset dan Inovasi PendidikanDasar, 1(1), 49-54.

Sarono. (2002). Ketrampilan Berbicara. Makalah dalam Pelatihan Guru Sekolah Dasar. Semarang.

Sengul, S., Cetin, G., & Gur, H. (2008). The Primary School Science Teachers’ Problems in Science Teaching. Journal of Turkish Science Education. 5(3). https://www.researchgate.net/publication/26571386_The_Primary_School_Science_Teachers'_Problems_in_Science_Teaching.

Slamet, Y. (2007). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Sekolah Dasar. Surakarta:UNS Press.

Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek: STKIP Yapim Maros 5(1).

Sudijono, A. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (21st ed.). Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2).

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook Indiana: Indiana University.

Winarni, E. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Research and Development (R&D). Jakarta: Bumi Aksara. 248.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Zulfadewina, Mimin Ninawati, Rahmiati, Zulham Muhammad Husain