PERSEPSI ORANG TUA SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)
PDF

Keywords

Covid-19
Orang Tua
Sekolah

How to Cite

Nuriana, I., & Adelina, F. (2021). PERSEPSI ORANG TUA SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ). TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 83–90. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/86

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan persepsi orang tua terhadap pembelajaran jarak jauh, sebagai bagian dari kebijakan pemerintah atas penutupan sekolah akibat pandemi covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian merupakan orang tua siswa sekolah dasar di Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung yang ditetapkan dengan teknik purposive sampling, berjumlah 32 orang . Data diambil dengan menyebarkan kuesioner semi terbuka dan dianalisis secara deskriptif. Studi menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah dalam konteks pembelajaran diselenggarakan dalam bentuk pembelajaran dalam jaringan (luring). Tidak hanya siswa, orang tua juga dituntut untuk beradaptasi dengan model pembelajaran yang diberlakukan selama masa pandemi Covid-19 karena siswa membutuhkan pendampingan orang tua selama belajar dari rumah. Meskipun orang tua tidak memiliki persepsi negatif, namun pembelajaran jarak jauh berkontribusi terhadap beban orang tua atau keluarga secara fisik dan mental. Adanya kemungkinan perpanjangan model pembelajaran jarak jauh hingga batas waktu yang belum diketahui, orang tua berharap adanya perbaikan dan inovasi dalam model pembelajaran jarak jauh.

PDF

References

Kemdikbud.go.id. (2020). Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri Tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. (online). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19. Diakses 4 Februari 2021.

Keppres 2020 No.12. Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional. (Determination of Nonalam Disaster of Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) as a National Disaster)

Kompas.com. (2020). Timeline Wabah Virus Corona, Terdeteksi pada Desember 2019 hingga Jadi Pandemi Global. (https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/12/113008565/ timeline-wabah-virus-corona-terdeteksi-pada-desember-2019-hingga-jadi?page=all)

Lase, D., Ndraha, A., &Harefa, G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. JTCES 2(2) 85-98.

Lilawati, Agustien. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 Issue 1, 549-558.

Lutfiah, S. (2020). Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Idealektik, (S.I.), v. 2, p. 69-73.

Liputan6.com. (2020). Dukung Sekolah Libur Akibat Covid-19, Mendikbud Luncurkan Portal Rumah Belajar. (https://www.liputan6.com/news/read/4202236/dukung-sekolah-libur-akibat-covid-19-mendikbud-luncurkan-portal-rumah-belajar).

Perdana, D. (2021). Gubernur Belum Putuskan Pembelajaran Tatap Muka di Jatim. Suarasurabaya.net.(online). https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/gubernur-belum-putuskan-pembelajaran-tatap-muka-di-jatim/. Diakses tanggal 4 Februari 2021.

Ristiani, E. P. (2015). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan III Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Setiawan, A. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronaavirus 2019 (COVID-19). Jurnal Edukatif, Volume 2 Nomor 1, 28-37.

Setkab.go.id. (2020). Inilah Perubahan Kebijakan Pendidikan Selama Masa Pandemi Covid-19. (online). https://setkab.go.id/inilah-perubahan-kebijakan-pendidikan-selama-masa-pandemi-covid-19/. Diakses 4 Februari 2021.

Setyaningsih, K., Eka, K., & Badarudin. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di SD Negeri Karangrena 03. JPRD Volume 1 Nomor 2, 19-27.

Suryabrata, Sumardi. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 ilma nuriana

Downloads

Download data is not yet available.