PENGARUH STRATEGI MNEMONIC RHYMES AND SONG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV

Authors

  • Evi Veronika STKIP PGRI TRENGGALEK
  • Angga Setiawan STKIP PGRI TRENGGALEK
  • Wahyu Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.360

Keywords:

Strategi Pembelajaran , Mnemonic Rhymes and Song, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Permasalahan cara penyampaian materi oleh guru menjadi salah satu penghambat tercapainya tujuan pembelajaran dan mengakibatkan nilai hasil belajar siswa kurang. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti ingin mencoba melakukan pembelajaran menggunakan strategi baru yang kemudian akan diteliti apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran strategi lama dan strategi baru. Untuk mendapatkan data hasil belajar penulis melakukan penelitian di SDN 1 dan 3 Sukorame Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent T Test untuk mengetahui perbedaan dari dua kelas. Data diperoleh dengan meminta peserta didik mengerjakan soal pada pretest dan posttest. Setelah data terkumpul penulis melakukan analis data yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Setelah melakukan analisis data diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest dari 61,5 menjadi 82. Dan dari analisis uji hipotesis diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,004 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikan 0,05.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Camelia, E. W. 2021. Pengembangan Buku Saku Berbasis Metode Mnemonic Akrostik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA/MA Sederajat (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Dewi Annisa. 2016. Penerapan Strategi Belajar Mnemonic dan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa IPA Pokok Bahasan Panca Indra Kelas IV. Jember: Universita Jember

Firdaus, S., & Hafidah, S. 2020. Mnemonik: Solusi Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswi Madrasah Aliyah Nurul Jadid. PALAPA:Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 81-96. DOI:https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.700

Meysy Franisela. 2019. Penerapan strategi Mnemonic Rhymes and Song untuk meningkatkan kemampuan pemprosesan informasi pembelajaran tematik di kelas II SD. Jambi: Universitas Jambi

Muqodas, I. 2015. Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2), 25-33.

Nugroho, W,. Maharani, V. A. P., Santosa, A. B. 2021. Analisis Peran Orang Tua Dalam Meingkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Daring Pada Anak di Tingkat SD di Era Pandemi COVID-19:Indonesia. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 1-9.

Putu_Anggie_Sinthiya, I. A., & Sobri, M. R. 2021. Rancangan Aplikasi Sistem Cerdas Pembelajaran Ilmu Bangun Datar SD Negeri 01 Candiretno. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 4, 19-25.

Rahmat, P. S. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Pt. Scopindo Media Pustaka

Setiawan, A., Putro, H. S., Febriandari, E. I. 2020. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Ayo Bisa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SEKOLAH DASAR. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1-10.

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. Tanggap, 2(2), 92-109. DOI: https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Solichah, I. 2014. Alat peraga untuk pelajar tunarungu: Penggunaan bentuk dua dimensi bangun datar pada siswa tunarungu. Magetan:Media Guru.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung : Remaja Rosdakarya)

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta

Syah,Muhibbin, 2017. Psikologi Belajar. Depok: Rajawali Pers.

Verdianingsih, E. 2020. Strategi Mnemonic Dalam Pembelajaran Matematika Eduscope. Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(1), 78-85. DOI:https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.879

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

Veronika, E. ., Setiawan, A. ., & Nugroho, W. . (2022). PENGARUH STRATEGI MNEMONIC RHYMES AND SONG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 102–107. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.360