Efektivitas Model Pembelajaran Langsung, Kooperatif Tipe TGT Dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Keterampilan Tendangan Lurus Pada Mata Kuliah Pencak Silat
PDF

Keywords

Pembelajaran Langsung
Kooperatif Tipe TGT
Audio Visual
Tendangan Lurus
Pencak Silat

How to Cite

Nuraisyah, W., Rasyid, A., Weldani, F., Prasetyo, D. A., & Firdauz, N. W. R. . (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Langsung, Kooperatif Tipe TGT Dan Media Audio Visual Terhadap Hasil Keterampilan Tendangan Lurus Pada Mata Kuliah Pencak Silat. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(2), 33–43. https://doi.org/10.55933/pjga.v3i2.514

Abstract

Penelitian ini deskriptif kuantitatif untuk mengetahui efektivitas pembelajaran langsung, Kooperatif tipe TGT dan media audio visual terhadap hasil keterampilan tendangan lurus pada mata kuliah pencak silat. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah non eksperimen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 129 sebanyak 4 kelas PJKR STKIP PGRI Sumenep angkatan 2022. Penelitian ini adalah semua kelas PJKR angkatan 2022. Hasil tes keterampilan tendangan lurus pencak silat model pembelajaran langsung 3 mahasiswa (laki-laki) presentase 12,5% dalam kategori “Baik Sekali”, 10 mahasiswa (laki-laki) presentase 41,7% kategori “Baik” dan 11 mahasiswa (laki-laki) presentase 45,8% kategori “Cukup”. Hasil tes keterampilan tendangan lurus pencak silat model pembelajaran kooperatif tipe TGT 19 mahasiswa presentase 54,3% dan 4 mahasiswi sebesar 11,4% kategori “Baik Sekali”, 7 mahasiswa presentase 20% dan 2 mahasiswi presentase 5,7% kategori “Baik” serta 3 mahasiswa presentase 8,6% kategori “Cukup”. Hasil tes keterampilan tendangan lurus pencak silat menggunakan media audio visual 6 mahasiswa presentase 17,1% dan 3 mahasiswi presentase 8,6% kategori “Baik Sekali” dan 26 mahasiswa presentase 74,2% kategori “Baik”. Hasil tes keterampilan tendangan lurus pencak silat model pembelajaran kelompok kontrol 16 mahasiswa persentase 53,3% dan 3 mahasiswi persentase 10% kategori “Baik” serta 9 mahasiswa persentase 30% dan 2 mahasiswi persentase 6,7% kategori “Cukup”.

https://doi.org/10.55933/pjga.v3i2.514
PDF

References

Advences in information sciences and service sciences (AISS). 4(6), 14-22.

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Press

Callado, Carlos. V., Aranda, Antonio F., & Pastor, Victor Manuel L. 2014. Cooperative Learning in Physical Education Multimedia Teaching on Sports Motivation of Students.

Gabriela, Novika DP. 2021. Pengaruh Media pembelajaran berbasis audio visual terhadap peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar 2.(1) 104-113.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahardika, I Made Sriundy. 2014. Evaluasi Pengajaran. Surabaya: Unesa Universitas Press.

Mulyana. 2013. Pendidikan Pencak Silat Membangun Jati Diri dan Karakter Bangsa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuraisyah, Winda. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung dan Kooperatif Tipe TGT Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Keterampilan Tendangan Lurus Pencak Silat pada Siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah I Surabaya

Perez, S., R. (2012). Higher Education and Efficiency in Europe: A Comparative Analysis. Research in Higher Education Journal. 1-13. Retrieved from http://www.aabri.com/manuscripts/111068.pdf

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sudiana I Ketut dan Sepyanawati Ni Luh Putu. 2017. Keterampilan Dasar Pencak Silat. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Winda Nuraisyah, Ainur Rasyid, Feri Weldani, Dyas Andry Prasetyo, Noer Wachid Riqzal Firdauz