Konsep Guru PJOK dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.55933/pjga.v2i1.256Keywords:
Pembelajaran, Evaluasi, Pandemi Covid-19Abstract
Masa pandemi covid-19 Pembelajaran dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) tampa terkecuali guru PJOK, guru mencari cara bagaimana mengajarkan keterampilan melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) serta bagaimana cara yang dapat dilakukan untu menilai peserta didik dalam pembelajaran daring atau online. Belum lagi terkendala jaringan serta penggunaan smartphone atau internet di plosok desa serta kepulauan. bagi sebagian guru serta siswa pembelajaran semacam ini merupakan hal baru dalam pembelajaran. Sehingga bermacam-macam cara yang dilakukan oleh guru dalam melakukan evaluasi. tujuan peneliti ingin mengetahui konsep Guru PJOK Sekolah Dasar dalam melakukan Evaluasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan memberikan angket yang akan mengumpulkan data bagaimana konsep-konsep evaluasi yang dilakukan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) tingkat sekolah dasar di kabupaten sumenep dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep guru PJOK tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Sumenep guru melibatkan siswa dalam melakukan evaluasi serta menggunakan evaluasi video, evaluasi proses dan evaluasi portofolio dalam pembelajaran PJOK.
Downloads
References
Aisyah, S., & Muhammad Alif Kurniawan. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195
Chen, S., Zhu, X., Androzzi, J., & Nam, Y. H. (2018). Evaluation of a concept-based physical education unit for energy balance education. Journal of Sport and Health Science, 7(3), 353-362. doi:10.1016/j.jshs.2016.06.011
David Sylvain, M., Gorgon, L., Armel, K., & Okemba Jean, I. (2020). The concepts of teachers of Brazzaville on the evaluation in physical education in high school. International Journal of Sports Science and Physical Education, 5(2), 10. doi:10.11648/j.ijsspe.20200502.11
Dian Primazari, IFN dan Zulela. 2021. Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol, 5. No,1. Tahun 2021 e-ISSN: 2597-4440 dan p-ISSN: 2597-4424.DOI: https://doi.org/10.51878/edutech.v1i1.193
Fitrah, M., & Ruslan, R. (2020). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada masa Pandemi COVID-19 Di Bima. Jurnal Basicedu, 5(1), 178-187. doi:10.31004/basicedu.v5i1.639
Hayati, Rina. 2021. Pengertian Instrumen Penelitian, Bentuk, dan Contohnya. Penelitian Ilmiah.com Retrieved from https://penelitianilmiah.com/instrumen-penelitian/
Herani, N. E. (2021). Pemanfaatan video pembelajaran pada mata pelajaran tematik terpadu Di sekolah dasar saat pandemi COVID-19. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(1), 59-67. doi:10.51878/edutech.v1i1.193
Jeong, H., & So, W. (2020). Difficulties of online physical education classes in middle and high school and an efficient operation plan to address them. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 7279. doi:10.3390/ijerph17197279
Kurniasari A, Putro Pribowo, Adi Puta D. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Vol 6, No 3, September 2020 Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Masjumi, Nur. 2012. Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Penjas. Konsep 22 Jurnal ILARA, Volume III, Nomor 2, Juli-Desember 2012,Dasar hlm. Evaluasi 21 –28 Pembelajaran Penjasorkes. https: https://adoc.pub/konsep-dasar-evaluasi-pembelajaran-penjasorkes-masjumi-nur.html
Nurdin, Ahmad. 2019. Peningkatan mutu penilaian Perencanaan pembelajaran berbasis hots (high order thinking skill) Materi: Analisis penilaian Hasil belajar. Bandung : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I Direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan pusat pengembangan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan bidang mesin dan teknik industri.
Nurmaya, A.L. (2021). Analisis evaluasi pembelajaran daring (Online) siswa sekolah dasar selama masa pandemi covid-19. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 6(1). https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.4745
Ramadhani, D., Mahardika, I. M., & Indahwati, N. (2020). Evaluasi pembelajaran pjok berbasis daring terhadap tingkat pemahaman Dan motivasi belajar siswa kelas IV - VI sd negeri betro, sedati - Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). doi:10.36312/jime.v7i1.1817
Simonson, M., Smaldino, S., Albright, M.,& Zvacek, S. (2006). Teaching and learning at a distance: Foundations of distance education (3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson.
Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students: Implications for STEM Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6. https://doi.org/10.29333/ejmste/7893.
Syafnidawaty. 2020. Apa itu Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Universitas Raharja. https://raharja.ac.id/2020/11/04/apa-itu-populasi-dan-sampel-dalam-penelitian/
Tambunan, W., Tampubolon, H., & Sinaga, D. (2021). Pengaruh COVID-19 Terhadap proses Pembelajaran daring Di Yayasan Pendidikan Cawan Bethel. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 3(1), 561-566. doi:10.33541/cs.v3i1.2927
Utami, L. W. (2021). Penggunaan Google form dalam evaluasi hasil belajar peserta didik Di masa pandemi c0vid-19. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150-156. doi:10.51878/teaching.v1i3.453
UU No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20
Wulandari, Trisna. Cara Menghitung Persen dengan Cepat Beserta Contoh Soalnya.
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5688383/cara-menghitung-persen-dengan-cepat-beserta-contoh-soalnya. Diakses tanggal 6 Desember 2021.
Yulianto, Dedy and Majid, M Nito. 2021. Online Assessment during Covid-19 Pandemic: EFL Teachers’ Perspectives and Their Practices. Journal of English Teaching 7(2). DOI: https://doi.org/10.33541/jet.v7i2.2770
![](https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/public/journals/3/submission_256_285_coverImage_en_US.jpg)
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Andi Fepriyanto, Dian Helaprahara, Nugroho Agung Supriyanto, Ainur Rasyid, Abdul Azis
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.