KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Berbasis Powerpoint Interaktif
Hasil Belajar
Media Pembelajaran

How to Cite

Ari Metalin Ika Puspita, A. M. I. P., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49–54. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/42

Abstract

Dalam proses pembelajaran di lapangan, penggunaan media berbasis digital khususnya media powerpoint interaktif belum pernah diterapkan oleh guru. Sehingga dibutuhkan pengembangan media powerpoint interaktif agar proses pembelajaran berjalan dengan optimal dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah: Mengetahui hasil belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Hasil penelitian media powerpoint interaktif adalah media yang digunakan berdasarkan tes berbeda melalui uji statistik non parametrik dengan uji rumus Wilcoxon untuk memperoleh data belajar siswa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan media powerpoint interaktif.

PDF

References

Andriani & Wahyudi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif

Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Jurnal Scholaria, Vol. 6, No.1, Januari 2016.

Haerani. W.E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Mengacu pada Kurikulum SD 2013 Subtema Gaya dan Gerak Kelas IV. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta PPS Universitas Sanata Dharma.

Kudsiyah. S. (2017). Pengembangan Multimedia Power Point Interaktif Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan Nasional Kelas Viiid Smpn1 Jabon. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol 05 Nomor 01 Tahun 2017

Mahnun. N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran, Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012

Tafonao. T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018

Warkintin dan Yohanes. (2019). Pengembangan Bahan Ajar CD Interaktif Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Scholara. Vol. 9 No. 1, Januari 2019

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Ari Metalin Ika Puspita, Flora Puspitaningsih, Kriska Yuki Diana

Downloads

Download data is not yet available.