PENGGUNAAN BUKU TEKS TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRENGGALEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Buku Teks Tematik
Hasil Belajar
Kearifan Lokal

How to Cite

Saka Buana, A., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2021). PENGGUNAAN BUKU TEKS TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRENGGALEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 110–117. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/95

Abstract

Sekolah merupakan tempat formal dimana seseorang dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan, memberikan keterampilan dasar dan pembentukan karakter. Kegiatan pembelajaran serta buku ajar yang digunakan hendaknya lebih difokuskan pada mata pelajaran muatan lokal yang mengajarkan tentang berbagai kearifan lokal di daerah tempat tinggal siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal Trenggalek untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-posttest Only Control Group Design. Data yang dihasilkan dari penelitian yang berasal dari post-test dianalisis menggunakan uji statistik non parametrik dengan uji Mann-Whitney U dengan bantuan software SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji non parametrik dengan uji Mann-Whitney U diketahui bahwa Asymp.Sig. (2-tailed) nilainya 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan buku ajar tematik berbasis kearifan lokal Trenggalek.

PDF

References

Depdiknas (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Majid, A. (2013). Perencnaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Puspita, A.M.I., Djatmika, E., & Hasanah, M., (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Berbantuan Buku Teks Berbasis Kontekstual Untuk Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 (10), 1880-1883

Puspita, A.M.I. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3 (2) 47-52

Sanjaya. (2014). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Penerbit Kencana.

Syarifuddin, dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Daerah Polewali Mandar. Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang

Tinja, dkk. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. 2 (9), 178-196.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengeolaan Lingkungan Hidup (PKLH). Jakarta: Depdiknas

Urrahmi. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Istimewa Yogyakarta Tema Pendidikan untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Zinnurain. & Muzanni. (2018). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. 4 (2). 2355-6358.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Anis Saka Buana, Ari Metalin Ika Puspita, Flora Puspitaningsih

Downloads

Download data is not yet available.