PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
PDF

Keywords

Media Pembelajaran Berbasis ICT
Powerpoint Interaktif
Pembelajaran Tematik

How to Cite

Wahyuni, R., Febriandari, E. I., & Setiawan, A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 75–82. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/93

Abstract

Pemahaman konsep melalui pembelajaran tematik yang mendasari penelitian pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis ICT masih sulit dipahami oleh siswa sehingga menyebabkan kurang aktifnya siswa dalam belajar. Pada umumnya, siswa memerlukan bantuan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis ICT untuk membantu pemahaman kosep materi dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD. Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis ICT dalam bentuk slide dengan dilengkapi tombol menu pembelajaran sehingga memudahkan pengguna menuju ke halaman yang diinginkan. Model pengembangan yang diimplementasikan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian dan pengembangan membuktikan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif layak untuk digunakan, berdasarkan hasil kevalidan materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 75% (layak), kevalidan bahasa sebesar 93% (sangat layak), kevalidan media sebesar 82% (sangat layak), dan kevalidan dari uji praktisi memperoleh nilai rata-rata sebesar 93% (sangat layak). Keefektifan media pembelajaran powerpoint interaktif diperoleh dari rumus n-gain mendapatkan peningkatan belajar sebanyak 0.57 dengan kategori sedang. Media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis ICT memperoleh respon yang sangat positif dari siswa, menurut uji lapangan hasil perolehan nilai rata-rata angket respon siswa sebesar 84% (sangat positif). Berdasarkan analisis data tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis ICT tergolong layak dan mampu meningkatankan keaktivan siswa.

PDF

References

Budyartati, S. 2014. Problematika Pembelajaran SD. Yogyakarta: Deepublish

Kamila, H.R., Ducha, N. 2018. Validitas Multimedia Interaktif Model Tutorial Sistem Peredaran

Darah Manusia. Ejournal-Pensa, 6 (2), 119-122, (Online)(https://media.neliti.com/media/ publications/253510-none-5b5da696.pdf), diakses 26 November 2019

Jayusman, I., Gurdjita & Shava, A.P.K. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Multi Media Power Point pada Mata Kuliah Sejarah Asia Timur: Jurnal Candrasangkala, 3 (1) 2477-2771, (Online) (http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/download/ 2886/2253), diakses 26 November 2019.

Purwanty, J.I.S., Mahfud, H. 2018. Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Microsoft Power Point Pada Guru-Guru Sekolah Dasar: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2 (2) 2549-8347, (Online)(http://jurnalnasional.ump.ac.id/ index.php/JPPM/article/view/2296), diakses 26 November 2019.

Rusman. 2018. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Suryani, N., Setiawan, A & Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2021 Rika Wahyuni, Efi Ika Febriandari, Angga Setiawan

Downloads

Download data is not yet available.