ANALISIS SIKAP MULTIKULTURAL SISWA DI SDN BANJARAN KECAMATAN BANJARAN

Keywords

Sikap Multikultural
Siswa kelas 5 Sekolah Dasar

How to Cite

Novita, S., Dewanti, D. S., & Puspitasari, W. D. (2022). ANALISIS SIKAP MULTIKULTURAL SISWA DI SDN BANJARAN KECAMATAN BANJARAN. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 72–77. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.681

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sikap multikultural siswa SDN Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5. Instrument yang dilakukan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan angket siswa.keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan sikap multikultural siswa diantaranya menghargai perbedaan, menghargai pendapat, bersikap terbuka, serta memiliki sikap saling ketergantungan satu sama lain. Sikap tersebut ditunjukan oleh sebagian besar siswa SDN Banjaran. Kebiasaan siswa yang saling berdampingan dengan teman-teman yang memiliki latar belakang suku yang berbeda membuat siswa mengerti dan memahami pentingnya sikap mencintai keragaman sukudi lingkungan masyarakat khususnya di sekolah.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.681

References

Agustian, M. (2015). Pendidikan Multikultural. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Alifa, S., & Purbasari, I. (2020). Media Waraga Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Budaya. WASIS: Jurnal Ilmiah Pedidikan, 2(1), 15–20.

Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., & Kanzunnudin, M. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis EthnoEdutainment Untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2).

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan Multikultural dalam Menanggulangi Narasi Islamisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies),5 (2), 224. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.224-243

Banks, J. A. (2002). An introduction to Multicultural Education. Allyn and Bacon Press. Danoebroto, S. W. (2013). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1054

Ismaya, Erik Aditia. (2011). Pendidikan Multikultural Di Yogyakarta. Tesis.Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Kelly, E. (2015). Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapeersonal dengan Sikap Multikultural pada Mahasiswa Malang. Jurnal Psikologi, III (1).

Lestariningsih, W. A., & Purnomo, A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Rembang Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6 (2), 123–131.

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1 (1), 96– 102.

Maulida, R. (2013). Sikap Tasāmuhdalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURIA, 13 (1), 12–27.

Prahesty, R., & Suwanda, I. M. (2016). Peran Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Dalam Membentuk Sikap Tolong Menolong Siswa Di Smpn 5 Sidoarjo. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(4), 201–215.

Rufaida, Hasna. (2017). Menumbuhkan Sikap Multikultural Melalui Internalisasi Nilai Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran IPA. Sosio Didaktia: Social Science Education Journal, 4(1), 14–24. https://doi.org/10.15408/sd.v4i1.4343.Permalink/DOI

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Sri Novita, Delfina Sri Dewanti, Wina Dwi Puspitasari

Downloads

Download data is not yet available.