ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV SDN SUTAWANGI II, KECAMATAN JATIWANGI KABUPATEN MAJALENGKA

Keywords

Analisis
Sikap Toleransi
Siswa Sekolah Dasar

How to Cite

Alawiyah, N. N., Tusriyani, Y., & Puspitasari, W. D. (2023). ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV SDN SUTAWANGI II, KECAMATAN JATIWANGI KABUPATEN MAJALENGKA. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 124–133. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.682

Abstract

Pendidikan dilaksanakan melalui proses pembelajaran yang dimana perkembangan dunia pendidikan dari tahun ke tahun mengalami perubahan seperti pergeseran karakter anak bangsa. Banyak hal yang telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya yang perlu dilaksanakan adalah pendidikan multikultural. karena pendidikan bukan hanya sekedar belajar untuk berbuat, belajar untuk mengetahui, namun belajar untuk hidup bersama tanpa mengenal ras, suku dan agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu nilai karakter yaitu toleransi pada kelas IV SDN Sutawangi II. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki sikap toleransi pada kategori cukup. Penelitian ini bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan peneliti di bidang pendidikan khususnya bidang toleransi, serta sebagai bahan pertimbangan bagi peneliti selanjutnya.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.682

References

Armawinda, Y., Noviana, E., & Hermita, N. (2022). ANALISIS SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS IV SDN 130 PEKANBARU ANALYSIS OF TOLERANCE ATTITUDES OF 4 th GRADE STUDENTS OF SDN 130 PEKANBARU. 1(April), 84–91.

Dewi, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8060–8064.

Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 382. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2824

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Nova Nur Alawiyah, Yesi Tusriyani, Wina Dwi Puspitasari

Downloads

Download data is not yet available.