PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME TERHADAP ASPEK KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tansi Avrelia Rekalasdiana STKIP PGRI Trenggalek
  • Wahyu Nugroho STKIP PGRI Trenggalek
  • Angga Setiawan STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v9i1.349

Keywords:

Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Aspek Kognitif Siswa, Matematika

Abstract

Penelitian dilakukan karena peneliti ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap aspek kognitif siswa pada mata pelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dan jenis Non Equivalent Pre-Test and Post-Test Control Group Design. Sampel penelitian untuk kelas eksperimen yaitu keseluruhan dari siswa kelas III SD Negeri 2 Suruh dengan jumlah 22 siswa dan kelas kontrol yaitu keseluruhan dari siswa kelas III SD Negeri 1 Suruh dengan jumlah 15 siswa. omTeknik pengambilan data berupa soal tes pilihan ganda sejumlah 20 soal. Uji Indepedent Sample T-Test berfungsi untuk menguji hipotesis diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan perolehan menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Realistic Mathematics Education berpengaruh dan aspek kognitif siswa SD Negeri 2 Suruh meningkat. Hal ini diketahui pada kelas eksperimen mendapat rata-rata hasil pretest yaitu 65,25 dan 65 untuk rata-rata pretest kelas kontrol. Sedangkan rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 84 > 72,5.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliana, R., & Kusmanto, B. (2016). Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XA SMA Piri 1 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Arikunto, Suharmisi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Bagiyono, B. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16 (1), 1-12 (Online), (http://repo-nkm.batan.go.id/id/eprint/140), diakses 15 Desember 2021.

Creswell. (2018). Research Desigh Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ekowati, DW, dkk. (2019). Literasi Numerasi Di SD Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3 (1), 93-103. doi: http://dx.doi.org/10.30651/else.v3i1.2541.

Hasanah, Uswatun. & Sari, Novita. (2021). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Blended Learning Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Palembang. Universitas Sriwijaya. (Online), (http: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60938), diakses 16 Desember 2021.

Khamim. (2018). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (Edisi Revisi). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah.

Musfirah. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN No. 44 Manongkoki II Kabupaten Takalar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nuzulul Faidah, N, dkk. (2019). Realistic Mathematics Education (RME) Sebagai Sebuah Pendekatan Pada Pengembangan Modul Matematika Berbasis Teori Multiple Intelligences Howard Gardner. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika Indonesia, 2 (3), 328-332. doi: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4396.

Putri, RAR. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. (Online), (http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7846), diakses 15 Desember 2021.

Rohman, Nur. (2013). Eksperimen Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Dan Problem Based Learning Pada Operasi Bilangan Bulat Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas V Di Sd Negeri Se-Kecamatan Dander Bojonegoro Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret.

Setiawan, Angga. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7 (1), 1-16. doi: https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15963.

Simamora, Iin. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SDS Salsa Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2017/2018. Fakultas Ilmu Pendidikan. (Online), (http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34494), diakses 16 Desember 2021.

Siregrar, HS & Harahap, M. (2019). Efektivitas Kemampuan Representasi Siswa Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2 (1), 7-18. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/610.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.

Wijaya, D. A. I. dan A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Pendidikan Matematika, 6(5), 24–36.

Zaini, ZAH. (2019). Model Penganggaran Terpadu Berbasis Priority Quality Studi Sekolah Dasar Integral Lukman Hakim Jember. Ejournal, 17 (1), 113-124. doi: http://dx.doi.org/10.35719/feno.v17i1.767.

Downloads

Published

2023-05-19

How to Cite

Avrelia Rekalasdiana, T. ., Nugroho, W. ., & Setiawan, A. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME TERHADAP ASPEK KOGNITIF MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR . Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(1), 44–52. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i1.349