PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMTING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Angga Setiawan STKIP PGRI Trenggalek
  • Intan Susetyo Kusumo Wardhani STKIP PGRI Trenggalek
  • Wahyu Nugroho STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v9i2.630

Keywords:

model pembelajaran probing-promting, keterampilan berpikir kritis, peserta didik

Abstract

Peran guru dalam pendidikan sangatlah penting untuk mencetak generasi atau lulusan yang unggul dan berkarakter yang mampu mengimplementasikan ilmu yang dipelajarinya selama di sekolah untuk kehidupan kesehariannya. Perkembangan ilmu pengetahuan mempengaruhi adanya cara belajar yang sistematis, kritis sehingga perlu berpikir secara terarah dan jelas dengan keterlibatan aktif siswa dalam belajar. Permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas IV di SDN 1 Senden dan 1 Bogoran yaitu guru belum menerapkan model yang menarik khususnya dalam usaha peningkatan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran, materi yang disampaikan kebanyakan hanya sekedar dengan model konvensional sehingga peserta didik terlihat banyak yang kurang aktif dalam pembelajaran karena kurangnya interaksi yang dilakukan antara guru dan peserta didik. Hasil keterampilan berpikir kritis yang didapatkan dari rata-rata nilai penilaian harian masih tergolong cukup karena sebagian siswa ada yang dibawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis non equivalent pretest and posttest control group design. Sampel siswa kelas IV SDN 1 Senden berjumlah 16 siswa dan SDN 1 Bogoran dengan jumlah 15 siswa. Data diperoleh dari siswa dengan mengerjakan soal pretest dan posttest berupa soal uraian berjumlah 10 soal. Setelah data terkumpul, peneliti menganalisis data dengan menggunakan uji normalitas dengan hasil 0,370 yang dinyatakan data berdistribusi normal, selanjutnya uji homogenitas dengan hasil 0,975 yang dinyatakan data berdistribusi sama, dan terakhir peneliti melakukan uji hipotesis bermaksud melihat perbedaan dari perlakuan yang dilakukan. Data analisis uji hipotesis diperoleh 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Peneliti menyimpulkan adanya pengaruh model pembelajaran probing-promting terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. JURNAL MATH EDUCATOR NUSANTARA: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 23-30

Anisah, T., & Carlian, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(2), 98-106.

Apdoludin, S., & Jofa, N. (2023). Dampak Penggunaan Model Probing Prompting Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 422-428.

Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662-670.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bomantara, G. U. P. W., & Zulherman, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-prompting terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3105-3112.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Firdausi, B. W., Warsono, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229-243.

Hakim, A. R., Muspita, Z., & Lestarini, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Motivasi Belajar Pada Muatan IPS. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 10-14.

Hakim, A. R., Muspita, Z., & Lestarini, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Motivasi Belajar Pada Muatan IPS. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 10-14.

Haryanti, Y. D., & Febriyanto, B. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 1-10.

Hendrawan, T., Kasdi, A., & Sukartiningsih, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3), 1084-1091.

Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirnan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 105-118.

Lestari, F., Marta, R., & Indah, V. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal on Teacher Education, 2(1), 247-255.

Mulyani, A. Y. (2022). Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 100-105.

Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287-298.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 12(2), 142-159.

Setiawan, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 1-16.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1), 30-39.

Swarjawa, I. W. E., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sebatu. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 90-101.

Sylviana, M., Kusuma, M., & Widiyanto, B. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Implementasi Model Pembelajaran Sets Berbasis Probing-Prompting. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 4(2), 137-142.

Winoto, Y. C. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 1-16.

Downloads

Published

2023-09-23

How to Cite

Setiawan, A. ., Susetyo Kusumo Wardhani, I. ., & Nugroho, W. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMTING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(2), 72–83. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i2.630