PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV

Authors

  • Angga Piki Suganda STKIP PGRI Trenggalek
  • Angga Setiawan STKIP PGRI Trenggalek
  • Moh Farid Ma'ruf STKIP PGRI Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.187

Keywords:

media pembelajaran, media komik, hasil belajar

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kreativitas guru kurang dalam menggunakan media pembelajaran dan belum tersedianya media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and development (RnD) dan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, and Evaluation). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur peningkatan pada siswa setelah menggunakan media komik berbasis media cetak. Penelitian menggunakan instrument berupa wawancara, observasi, lembar angket validasi ahli materi, lembar angket validasi ahli media, lembar angket validasi praktisi, angket respon siswa, dan soal test untuk mengukur pengetahuan siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 5 Siki, dilihat dari tingkat kelayakan media  komik berbasis media cetak ini pada penelitian ini didasarkan pada validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa,ahli media dan ahli praktisi. Yang pertama dilihat dari aspek angket validasi ahli materi pembelajaran memperoleh nilai 91,66%,kriteria kevalidan jika dicocokkan yaitu sangat valid sehingga media dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Selanjutnya dari aspek angket ahli media pembelajaran memperoleh nilai 80,76%, kriteria kevalidan jika dicocokkan yaitu valid, selanjutnya dari aspek angket ahli bahasa memperoleh nilai 87,5%, kreteria kevalidan jika dicocokan yaitu valid sehingga media dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan yang terakhir yaitu ditinjau dari aspek angket ahli praktisi guru kelas IV SDN 5 Siki memperoleh nilai 94,4%, kriteria kevalidan jika dicocokkan yaitu sangat valid, sehingga media dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan berdasarkan nilai pretest dan posttest digunakan untuk mengukur peningkatan pengetahuan siswa tentang gunung meletus. Nilai pretest memperoleh rata-rata 50,85% dan nilai post test memperoleh nilai 90,71% . Dari perbandingan nilai tersebut dapat diartikan bahwa siswa mengalami peningkatan sebanyak 39,86%.  Nilai pree test dan post test jika dihitung menggunakan N-Gain  nilainya meningkat sebanyak 0,80 termasuk kedalam nilai tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambaryani, G. S. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 19-28.

Firosalia, K. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

Gumelar, M. (2012). Comic Making. Jakarta: PT. Indeks.

Indriana, W. (2012). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi untuk siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 80-88.

Mawan Akhir Riwanto, M. P. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi. Jurnal PANCAR, 2(1), 14-18.

Munib, A. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES.

Nadia Astri Pandanwangi, F. K. (2019). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Pada Siswa Kelas 3 SD. JURNAL CAKRAWALA PENDAS, 5(2), 124-132.

Oemar, H. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Puji Handayani, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 4(2), 396-401.

Arikunto (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputro, A. D. (2015). APLIKASI KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. MUADDIB, 5(1), 1-19.

Setiawan, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 1-16.

Sudjana Sudjana, A. R. (2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Wahyu Nuning Budiarti, H. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233-242.

Downloads

Published

2022-05-20

How to Cite

Suganda, A. P. ., Setiawan, A. ., & Ma’ruf, M. F. . (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(1), 8–15. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i1.187