KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN ORANGTUA SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
PDF

Keywords

Kemitraan sekolah
Hasil Belajar

How to Cite

Pratama, E. H., Purwo, S., & Wardhani, I. S. K. (2020). KEMITRAAN SEKOLAH DENGAN ORANGTUA SEBAGAI SOLUSI PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–37. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/40

Abstract

Data penelitian program kemitraan sekolah dengan orang tua pada tingkat Sekolah Dasar ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini dikembangkan dari permasalah bagaimana wujud kegiatan program kemitraan sekolah dengan orangtua, hasil belajar siswa, serta bagaimana perannya. Sehingga dapat tercapainya tujuan peneliti untuk dapat mendeskripsikan, menggambarkan, serta memberikan informasi yang objektif tentang wujud kegiatan orang tua dan hasil belajar siswa dengan adanya program kemitraan sekolah. Pendekatan yang dipilih menggunakan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah guru, orangtua, siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jumlah subjek yang digunakan 17 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, kuesioner, lembar observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan data hasil belajar siswa kelas IV diperoleh nilai kognitif, afektif, dan psikomotor siswa masing-masing Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 65. Semenjak dengan adanya program kemitraan sekolah dengan orangtua hasil belajar siswa menjadi meningkat, karena pemberian materi tidak hanya dilakukan oleh guru di kelas saja akan tetapi bisa dilakukan di rumah oleh orangtua siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dan dilakukan secara bersama, misalnya seperti siswa dan orangtua mengerjakan tugas bersama, memecahkan masalah bersama dimana dalam metode ini juga bisa mengharmoniskan hubungan orangtua dengan anaknya.

PDF

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta

Arifiyanti, N, 2015. Kerjasama Antara Sekolah Dan orangtua Siswa Di Tk se-Kelurahan Triharjo Sleman. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/26473/1/PDF%20SKRIPSI%20LENGKAP.pdf)

Dahar, R,W .2011. teori-teori belajar dan pembelajaran. Jakarta : Erlangga Firmansyah, A, Sulastri, Imran. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran ips di kelas v sdn 2 limbo makmur dikecamatan bumi raya. (Online), (jurnal.untad.ac.id › jurnal › index.php › JKTO › article› download)

Firmansyah, D. 2015. pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika.(Online) (https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/viewFile/199/197)

Hatimah, I. Keterlibatan keluarga dalam kegiatan di sekolah dalam perspektif kemitraan. (https://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/viewFile/3878/2753).

Jihad,dkk. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013 Kemitraan Sekolah Dengan Keluarga Dan Masyarakat. (Online),

(http://repositori.kemdikbud.go.id/477/1/Juknis_PNF.pdf).

Purwo, S, 2018. Kesiapan Orangtua Dalam kegiatan kemitraan sekolah sebagai penguatan pembelajaran dalam kurikulum 2013. (Online)

(http://journal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/kid/article/viewFile/130/80).

Peraturan Meneteri Pendidikan dan Kebudayaan Ripublik Indonesia Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum (Online), (https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud81A2013ImplementasiK13Lengkap.pdf)

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2017 Tentang Pelibatan Keluarga Pada Penyelenggaraan Pendidikan. (Online), (https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2017_Nomor030.pdf)

Rusman. 2018. Belajar dan pembelajaran berbasis komputer. Bandung : Alfabeta.

Rohmawati,L.2016Pengaruh Disiplin Belajar Dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Gugus Aa. Maramis Kendal. (Online), (https://lib.unnes.ac.id/28595/1/1401412389.pdf).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian kuantitaif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2020 Erwin Huda Pratama, Suciati Purwo, Intan Susetyo Kusumo Wardhani

Downloads

Download data is not yet available.