PENGEMBANGAN POP UP AUDIO BOOK DENGAN METODE SAS SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Keywords

Pop Up Book
Metode SAS
Audio Book
Kesulitan Membaca

How to Cite

Handoko, E. Y., & Wardhani, I. S. K. (2022). PENGEMBANGAN POP UP AUDIO BOOK DENGAN METODE SAS SEBAGAI UPAYA MENGATASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.97

Abstract

Kesulitan membaca adalah ganguan dalam proses belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca, kesulitan menulis serta mengeja. Dengan adanya kesulitan membaca siswa maka hal ini bisa diatasi dengan pop up book metode SAS berbasis audio. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan membaca  siswa setelah menggunakan media pop up book berbasis audio pada materi sumber dan bentuk energi kelas IV Sekolah Dasar. Latar belakang dari penelitian ini adalah kreativitas guru kurang dalam menggunakan media pembelajaran dan rendahnya literasi informasi pada siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and development (RnD) dan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, and Evaluation). Penelitian menggunakan instrument berupa wawancara, observasi, lembar angket validasi ahli materi, lembar angket validasi ahli media, lembar angket validasi bahasa, angket respon siswa, dan soal test untuk mengukur kemampuan membaca pada siswa setelah menggunakan media pembelajaran pop up book berbasis audio. Penelitian ini dilakukan di di SDN 6 Pule dan SDN 1 Kembangan dengan sampel 8 siswa. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif.Berdasarkan data yang diperoleh hasil hasil belajar Siswa 85% hasil validasi media 97% hasil validasi materi 72% hasil validasi bahasa 87% dan respon guru 97% maka dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran pop up book berbasis audio mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i1.97

References

Abdurrahman.2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Okta Liliani. 2016. Identifikasi kesulitan membaca pemahaman pada siswa Tunagrahita kategori ringan kelas V di Sekolah Dasar Negri Bangunrejo 2.

Akilla. 2016. pengertian gaya dan macam-macam gaya. (Online), ((https://www.google.com/amp/s/m.deeam.co.id/amp/unik/gaya-dan-gerak-pengertian-macam-macam-danpengaruh-terhadap-gerak-benda-2006046.html) diakses 19 desember 2019.

Jamaris.2014. kesulitan Belajar,persepstif,asesmen,dan penanggulanganya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

Undiyanasari.2019. Upaya penangulangan kesulitan membaca permulaan pada anak kesulitan membaca kelas II di SDN Manahan Surakarta. (Online) 3 (1). https://google.com/search + penanganan+kesulitan+membaca) diakses 26 desember 2019.

Setefani. 2017. Pengembangan media pop up book pada materi bentuk bumi untuk siswa kelas III SDN Mangunsari Semarang. (Online). http://repository.umja.ac.id/2257/1/artikel%201ILMIAH-A1D113004. Diakses 25 desember 2019

Purwono, Yutmini, Anitah.2014.pengunaan audio visual pada materi pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negri 1 Pacitan.(Online). 2 (2): 127-144 (https;//jurnall.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktia/article/download/578/481) diakses 26 desember 2019

Mulianti. 2017. pengembangan media pembelajaran pop up book pembelajaran matematika kela II MI Ma’ar Bego Manguo Harjo Sleman Yogyakarta.(Online).http://digilib.uin-suka.ac.id/27747/1/1520421001-bab-I-IV-atau-V-daftar-pustaka.pdf) diakses27desember 2019.

Arikunto.2013. Prosedur Penilitian. Jakarta:Rineka Cipta.

I Made Tegeh. 2015. Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembanagan Dengan Model ADDIE, Seminar Nasional Riset Inovativ IV, Tahun 2015.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Eva Yuli Handoko, Intan Susetyo Kusumo Wardhani

Downloads

Download data is not yet available.