PENGARUH METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI FINANSIAL PADA SISWA KELAS V SDN 1 TAWING
PDF

Keywords

Metode pembelajaran
Metode Bermain Peran
Literasi Finansial

How to Cite

Afidah, S., Wardhani, I. S. K., William, N., Pratiwi, D. J., & Puspasari, Y. (2023). PENGARUH METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI FINANSIAL PADA SISWA KELAS V SDN 1 TAWING. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), 86–93. https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.593

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran untuk meniningkatkan literasi finansial pada materi jenis-jenis usaha ekonomi siswa kelas V di SDN 1 Tawing. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas V SDN 1 Tawing yang berjumlah 24 siswa, dan SDN 1 Munjungan yang berjumlah 21 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 1 Tawing dan SDN 1 Munjungan yang berjumlah 45 siswa, dimana pada SDN 1 Tawing sebagai kelompok eksperimen dan pada SDN 1 Munjungan sebagai kelompok kontrol.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji Paired Sample T Test dan uji Independent Sample T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran berpengaruh dalam meningkatkan literasi finansial pada materi jenis-jenis usaha ekonomi siswa kelas V di SDN 1 Tawing.  Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikasi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil nilai sig.(2tailed)sebesar 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa ada penggaruh penggunanan metode bermain peran dalam meningkatkan literasi finansial siswa kelas V SDN 1 Tawing.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v3i2.593
PDF

References

Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,26 (2):103-108. Doi: https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16780

Kafabih, A. (2020). Literasi finansial pada tingkat sekolah dasar sebagai strategipengembangan financial inclusion di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(1), 1-16. Doi: https://doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3607

Kemendibud. (2018). Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: KDT

Kemendikbud,T,G. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. Gerakan Literasi Nasional. Jakarta.

Keuangan, O. J. (2017). Revisit Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Jakarta (ID): OJK

Keuangan, O. J. (2021). Strategi Nasional Literasi Keungan Indonesia (SNLKI) 2021-2025. Jakarta (ID): OJK

Laila, V., Hadi, S., & Subanji, S. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1491-1495.

Latifiana, D. (2017). Studi Literasi Keuangan Pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM). Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, 3 (1).

Maulana, R.W., & Kurnianingsih, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Finansial Siswa Sd. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(2), 102-108. DOI: https://doi.org/10.17509/jppd.v8i2.40532

Mustikawati, E. (2020). Pentingnya Literasi Keuangan Anak Sekolah Dasar Melalui Program Market Day Di SDIT LHI. Jurnal Pendidikan:Riset dan Konseptual, 4(3), 431-436. Doi: http://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.247

Nugroho, A., & Purwanti, E. Y. (2018). Determinan inklusi keuangan di Indonesia (global findex 2014). Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 1(1), 1-13. DOI: https://doi.org/10.14710/jdep.1.1.1-13

Rapih, S. Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa danBagaimana?. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2),14-28. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28

Sadri, M. (2019). Pemberdayaan Siswa Melalui Edukasi Keuangan Sejak Dini Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan. Hasil Penelitian Pengabidan Kepada Masyarakat,1(1): 290 -295. DOI: https://doi.org/ 10.30596/snk.v1i1.3630

Sholihah, F. U. (2014). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada materi PKn Pada Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-9.

Wardhani, A,N.,Sugiyono.& Kartono. (2018) Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (9).

Yanti, L. (2016). Pengaruh Penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar siswa kelas III Tema Kegiatan Jual Beli di SDN Kepatihan 06 Jember. Skripsi diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jember. (https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88907).

Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2), 41-50. DOI : 10.31004/aulad.v2i2.33

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Sururin Afidah, Intan Susetyo Kusumo Wardhani, Nanda William, Diyanti Jati Pratiwi, Yovita Puspasari

Downloads

Download data is not yet available.