PERAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 5 SDIT SURYA MELATI BANDUNG TULUNGAGUNG
PDF

Keywords

Budaya Sekolah
Karakter Religius
Sekolah Dasar

How to Cite

Aziz, M. I. ., & Ana, R. F. R. (2022). PERAN BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 5 SDIT SURYA MELATI BANDUNG TULUNGAGUNG. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 138–144. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.408

Abstract

Budaya sekolah adalah suasana kehidupan sekolah, tempat antara anggota sekolah saling berinteraksi. Interaksi tersebut terikat oleh berbagai aturan, norma, moral, serta etika bersama yang berlaku disuatu sekolah. Pembentukan budaya sekolah di SDIT Surya Melati Bandung bertujuan untuk menumbuhkan karakter religius pada siswa yang akhirnya dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran budaya sekolah dalam menumbuhkan karakter religius pada siswa kelas 5 SDIT Surya Melati Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian etnografi yaitu penelitian yang meneliti tentang kebudayaan dalam suatu kelompok yang berkaitan dengan norma dan nilai-nilai dalam suatu kebudayaan tersebut. Tekhnik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peran budaya sekolah dalam menumbuhkan karakter religius siswa dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap 12 siswa kelas 5 SDIT Surya Melati Bandung dengan deskripsi hasil sebagai berikut: Karakter religius sikap dan perilaku patuh melaksanakan ajaran agama dapat terbentuk melalui budaya melaksanakan sholat dhuha berjama’ah, membaca Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran, dan mengucapkan salam kepada orang lain. Karakter religius toleran terhadap pelaksana ibadah dapat terbentuk melalui budaya memberikan kesempatan temannya melaksanakan ibadah dan menjaga hubungan baik dengan teman yang berbeda suku maupun agama, dan tidak menggangu temannya yang sedang melaksanakan ibadah. Karakter religius hidup rukun dapat dikembangkan melalui budaya mengucapkan salam ketika bertemu dengan orang lain, mencium tangan guru dan membungkukkan badan ketika menyapa guru atau orang yang lebih tua, memaafkan teman yang berbuat salah dengan lapang dada.

https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.408
PDF

References

Dewi, A.P. (2012) Peran budaya sekolah dalam mendukung prestasi belajar siswa. Depok.

Emzir (2012) Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis data. Jakarta: Raja Grafindo.

Hamalik, O. (2019) Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardiansyah, F. and Mas’odi (2020) ‘Implementasi Nilai Religius Melalui Budaya Sekolah’, STKIP PGRI Sumenep, p. 10.

Kadir, A. (2012) Dasar-Dasar Pendidikan. Edisi Pert. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kemendiknas (2011) Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Komariah, A. and Satori, D. (2013) Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, S. (2016) Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kusno, Purwanto, J. and Makhful (2014) ‘Model Pendidikan Karakter Religius Berbasis Pada Pengetahuan Matematika Sekolah’, Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto, p. 11.

Majid, A. and Andayani, D. (2011) Pendidikan karakter perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L.J. (2006) Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oni, N. (2019) ‘Analisis Pemanfaatan Media Pembeljaran Matematika Terhadap Minat Belajar Siswa’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.

Putri, D.P. (2018) ‘Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital’, Jurnal Pendidikan Dasar, 2, No 1, p. 14.

Silkyanti, F. (2019) ‘Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa’, IVCEJ, 2, p. 7.

Sudarsana, I.K. (2017) ‘Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia’, Jurnal Penjaminan Mutu, p. 14.

Syukur, T.A. (2016) Pendidikan karakter berbasis Hadits. Jakarta: Rajawali Pers.

Ulfatin, N. (2015) Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative.

Wiyani, N.A. (2013) Membumikan pendidikan karakter di SD : konsep, praktik, & strategi. Edited by R.K. Ratri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Mochammad Irfan Aziz, Ria Fajrin Rizqy Ana

Downloads

Download data is not yet available.