Abstract
Kurikulum 2013 sebagai penyempurnaan dari Kurikulum KTSP dan diharakan dapat membentuk karakter siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 terhadap Pembentukan Karakter pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Instrumen menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penemuan di lapangan menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan kurikulum 2013 dengan baik, dan akan terus diperbaiki. Faktor pendukung meliputi: mendelegasikan guru untuk mengikuti workshop, menyelenggarakan pelatihan di dalam ruang lingkup sekolah, faktor penghambat meliputi: guru belum terbiasa menggunakan pendekatan scientific, guru merasa kesulitan dalam menilai tiga aspek (sikap, keterampilan, dan pengetahuan), siswa belum terbiasa dengan pendekatan scientific.
References
Achadah, A. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Upaya Pembentukan Karakter Relegius Siswa. Al-Wijdán: Journal of Islamic Education Studies. Volume III, Nomor 1, Juni 2018; p-ISSN: 2541-2051; online -ISSN: 2541- 3961.
Fadlillah. 2014. Implementasi kurikulum 2013 SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Hasanah.
Hasyim. 2016. Teknik-teknik Observasi. Jurnal at-Taqaddum, Volume 8, Nomor 1.
Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara Rahayu,
Ratri. 2016. Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sd Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol. 2 No. 1.
Satori, D. & Komariah, A. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: cv. Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Warsito & Samino. 2014. Implementasi Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas III Sd Ta’mirul Islam Surakarta. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 2, Desember 2014: 141-148.
Wiliandani, A. M., dkk. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, Vol. 4 No.3, Hal 132-142, September 2016.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grou.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Ria Fajrin Rizqy Ana